Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

FUNGSI DAN CARA KERJA GOVERNOR ADVANCER PENGAPIAN KONVENSIONAL

FUNGSI DAN CARA KERJA GOVERNOR ADVANCER PENGAPIAN KONVENSIONAL

GOVERNOR ADVANCER, FUNGSI DAN CARA KERJA PENGAPIAN KONVENSIONAL

Fungsi Governor Advancer

Waktu Pengapian atau timing pembakaran bahan bakar dan udara harus tepat, dan fleksibel dengan kata lain dapat mengikuti kondisi mesin saat ini, misalnya apabila putaran mesin lebih cepat, maka timing pengapian harus lebih awal lagi (advanced) agar dapat dihasilkan tenaga mesin yang maksimal. Untuk itulah maka pada distributor sistem pengapian konvensional dipasang governor advancer dan vakum advancer.
Governor Advancer adalah bagian dari komponen sistem pengapian, komponen ini berada di distributor tepatnya dibawah platina. Fungsinya adalah untuk membuat timing pengapian lebih awal (advanced) sesuai dengan pertambahan putaran mesin. Berikut ini merupakan bagian-bagian dan juga cara kerja governor advancer.

GOVERNOR ADVANCER Terdiri dari

1. Driving Plate
Komponen ini berputar bersama sama dengan governor weight berdasarkan gaya sentrifugal, untuk memutar cam, sehingga pemajuan saat pengapian dapat terjadi atau platina membuka lebih awal.

2. Governor spring
Komponen ini berfungsi sebagai pengembali governor weight ketika mesin memiliki putaran rendah, selain itu juga berfungsi sebagai pengatur besarnya pemajuan saat pengapian berdasarkan fleksibelitas pegasnya. Akan ada perbedaan besarnya sudut pemajuan pengapian apabila governor spring memiliki kelenturan dengan yang tidak memiliki kelenturan. Apa gerangan yang akan terjadi?

3. Governor weight
Bagian ini berfungsi sebagai pemberat, komponen ini memiliki massa, sehingga saat berputar dapat menghasilkan gaya sentrifugal atau menjauhi titik pusat, gaya setrifugal ini diperlukan untuk memajukan saat pengapian.

4. Cam
Bagian ini berfungsi sebagai pembuka dan penutup platina.

Cara Kerja Governor Advancer

Pemberat pada governor advancer ini bekerja berdasarkan kecepatan putaran. Saat suatu benda yang memiliki berat berputar akan mengalami gaya sentrifugal yaitu berusaha menjauhi titik pusat putaran. Benda ini disebut sebagai Governor Weight karena berat dan bekerja menggerakkan cam platina. Gaya sentrifugal yang terjadi ini digunakan untuk memutar posisi cam dan driven plate sehingga membuka kontak point (platina) lebih awal dibanding pada waktu putaran sebelumnya.
Saat mesin berputar, camshaft akan memutar poros bubungan distributor, secara otomatis governor weight juga akan ikut berputar. Governor weight didesain sedemikian rupa dan memiliki sebuah massa, saat berputar governor akan menghasilkan gaya sentrifugal dan  akan terdorong keluar saat bersamaan juga berputar.

Balance weight disatukan dengan driving plate, kemudian driving plate dihubungkan dengan cam, maka secara otomatis cam akan ikut berputar, saat cam berputar platina akan membuka lebih awal, sehingga timing pengapian dapat dimajukan. Percikan bunga api terjadi  saat platina (breaker point) mulai membuka. Semakin cepat mesin berputar maka semakin panjang lintasan keluar balance weight, maka semakin besar timing pengapian dimajukan.

Mudah-mudahan anda dapat memahami FUNGSI DAN CARA KERJA GOVERNOR ADVANCER yang kami sampaikan ini. Jika ada bagian dan informasi yang kurang, silahkan buat di kolom komentar. 

Post a Comment for "FUNGSI DAN CARA KERJA GOVERNOR ADVANCER PENGAPIAN KONVENSIONAL"