Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Produksi massal dibidang otomotif pertama kali dilakukan oleh perusahaan


Peristiwa penting dibidang otomotif  dicatat saat dimulainya produksi massal pertama kali. Kendaraan yang diproduksi belum berbentuk seperti saat ini. Roda yang dimiliki kendaraan saat itu berukuran lebih kecil mirip seperti roda sepeda saat ini. Akan tetapi diameter roda yang dimiliki kendaraan saat itu lebih besar dari diameter roda mobil saat ini.

Produksi massal kendaraan otomotif terjadi setelah ditemukannya sebuah prototipe mobil yang sempurna. Fungsi dan manfaat dari kendaraan prototipe otomotif ini dianggap sangat tinggi serta memiliki pasar yang besar. Masih banyak alasan lain dari perusahaan pada masa itu sehingga melakukan produksi massa kendaraan otomotif.

1. Produksi massal otomotif pertama oleh Mercedes Benz

Perusahaan pertama kali melakukan produksi massal dibidang otomotif dilakukan oleh Benz & Cie atau sekarang dikenal dengan perusahaan Mercedes Benz. Pada tahun 1984, Karl Benz memperkenalkan kendaraan Benz Vello kepada masyarakat Jerman. Kata Benz diadopsi dari nama Karl Benz sendiri, sedangkan Vello diadopsi dari kata Velocity yang berarti kecepatan.

Benz Vello diproduksi sebanyak 64 unit pada tahun 1894 dan setahun sesudahnya 1895 produksi dilakukan sebanyak 134 unit. Kami tidak menemukan informasi mengenai waktu yang diperlukan Benz untuk menjual habis produksi kendaraanya. Pada awal diproduksi Benz Vello memiliki spesifikasi tenaga engine 1.5 HP, top speed 20 km/jam. Seiring permintaan pasar yang meningkat, 1200 unit Benz Vello diproduksi pada tahun 1902 dengan tenaga engine 3 HP.


2. Produksi massal otomotif kedua oleh Ford Motor Company

Perusahaan pertama berikutnya yang melakukan produksi massal dibidang otomotif oleh Ford Motor Company. Mobil Ford T ditargetkan kepada masyarakat umum, tepat pada tanggal 12 Agustus 1908 produksi massal dengan kendaraan jenis Ford T ini dimulai. Harganya yang terjangkau membuat Ford T menembus angka 15 Juta unit hingga tahun 1927.

Informasi Produksi massal dibidang otomotif pertama kali dilakukan oleh perusahaan kami himpun dari sumber diinternet. Mengenai kebenaran dan validitas informasi ini cukup akurat. Jika ada informasi produksi otomotif yang lebih awal dari Benz Vello, silahkan sampaikan ke admin.