Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Memeriksa Throttel Position sensor di lepas dari engine

 Thorottle position sensor dapat diperiksa meskipun dilepaskan dari dudukannya atau engine. Hal ini dilakukan oleh guru mata pelajaran kepada siswa. Thorottle position sensor diperiksa diatas meja agar semua siswa dapat melihat proses pemeriksaan TPS sensor ini.



Peralatan yang kita butuhkan yaitu baterai sebagai sumber tegangan TPS sensor, multitester sebagai pengukur besar tegangan yang dihasilkan sensor TPS, kabel dengan jepitan agar kuat melekat pada setiap terminal, serta sensor TPS tentunya sebagai bahan untuk kita periksa.
TPS Sensor dan terminal

1. Merangkai TPS, baterai dan AVO meter

Proses pemeriksaan juga tidak terlalu sulit, gunakan multimeter pada posisi voltmeter atau posisi mengukur voltase. Hubungkan terminal warna hitam ke baterai negatif (terminal 2), terminal merah ke positif baterai (terminal 1), hubungkan terminal putih ke probe positif AVO meter (terminal 3) dan probe positir AVO meter (kabel hitam) ke negatif baterai.

2. Ukur TPS sensor membuka penuh

Setelah semua rangkaian diatas anda buat dengan tepat TPS sensor sudah mengirimkan data tegangan ke AVO meter. Berapa tegangan standar dari TPS sensor saat membuka penuh, silahkan lihat dibuku manual perbaikan kendaraanya. Setiap kendaraan memiliki spesifikasi TPS sensor masing-masing dan berbeda antara kendaraan. Untuk mengukur TPS sensor membuka penuh, silahkan putar TPS hingga mentok habis putaran, lalu baca pengukuran pada AVO meter.

3. Ukur TPS sensor menutup penuh

Mengukur TPS sensor menutup penuh sangat mudah, kita tidak perlu memutar TPS sensor. Pada langkah pertama kita telah membuat rangkaian pengukuran TPS. Tinggal sekarang tugas kita adalah membaca pengukuran AVO meter. Silahkah bandingkan hasil pengukuran dengan spesifikasi pada buku pedoman reparasi kendaraan.

Artikel ini dibuat berdasarkan hasil praktikum Upskilling dan reskilling Guru kejuruan SMK - Pelatihan Kelistrikan Engine dan Engine Management System. Instruktur kami pada pelatihan ini adalah Bapak Fredi Situmorang. Pelatihan ini dilakukan pada BBPPMPV BBL Medan.

Itu cara Memeriksa Throttel Position sensor di lepas dari engine. Untuk keselamatan komponen, WAJIB mengikuti prosedur yang dianjurkan pada buku pedoman reparasi kendaraan.

Post a Comment for "Memeriksa Throttel Position sensor di lepas dari engine"