Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

sebutkan minimal 5 cara menjaga kesehatan organ peredaran darah manusia

sebutkan minimal 5 cara menjaga kesehatan organ peredaran darah manusia

Menjaga kesehatan organ peredaran darah manusia sama halnya dengan menjaga Kesehatan Jantung Agar Tetap Sehat. Organ vital di tubuh manusia yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh merupakan organ vital. Dilihat dari letaknya jantung berada di antara paru-paru, di bagian tengah dada tepatnya di bagian belakang sisi kiri tulang dada. Sedikit lebih besar dari kepalan tangan itulah ukuran yang dimiliki jantung.Jantung memiliki Detak normal berkisar antara 60-100 kali per menit. Sementara pada atlet yang bugar bisa di bawah 60 kali per menit.

Komponen organ peredaran darah berikutnya adalah pembuluh darah. Pembuluh darah ini bertugas membawa darah menyebar keseluruh tubuh dimulai dari jantung dan sebaliknya. Pembuluh darah yang bertugas menyebarkan darah keluar dari jantung dan menyebarkannya keseluruh tubuh adalah fungsi dari pembuluh darah arteri. Kemudian yang bertugas membawa kembali darah ke jantung adalah pembuluh dara Vena (balik).

Yuk jaga kesehatan organ peredaran darah manusia dengan 5 cara ini.

1. Teratur berolah raga

Teratur berolahraga akan memperkuat sistem kardiovaskular, meningkatkan peredaran darah dalam tubuh, mengencangkan otot, dan meningkatkan fleksibilitas tubuh. Namun jika olah raga dilakukan tidak teratur keempat manfaat diatas sulit diperoleh.

2. Konsumsi makan seimbang

Departemen Kesehatan RI menyarankan agar seseorang perlu mengkonsumsi aneka ragam makanan. Apa yang dimaksud dengan keanekaragaman makanan adalah hidangan yang paling tidak terdiri dari 4 kelompok bahan makanan ini.
  1. Makanan pokok sumber karbohidrat misalnya beras, jagung, gandum, ubi kayu, kentang, sagu, dan lain-lain.
  2. Makanan lauk pauk sebagai sumber protein misalnya kacang-kacangan, tempe, tahu, telur, ikan, daging, dan lain-lain.
  3. Makanan kelompok jenis sayuran sebagai sumber vitamin dan mineral misalnya wortel, bayam, kangkung, dan lain-lain.
  4. Makanan kelompok buah-buahan sebagai sumber vitamin dan mineral misalnya pisang, apel, pepaya, jeruk, dan lain-lain.

3. Tinggalkan rokok

Bahaya nikotin pada rokok akan membuat kecanduan. Menurut David Currow, Ketika anda merokok, tekanan darah serta detak jantung Anda akan meningkat. Namun, aliran darah ke pembuluh darah kapiler Anda berkurang. 

4. Kendalikan stres

Ketika tubuh mengalami stres, penyempitan pembuluh darah akan terjadi sehingga sirkulasi darah pada tubuh akan menjadi terganggu. Cegah stres dengan istrahat yang cukup. Jalani hidup dengan santai dan hindari kelelahan yang berlebihan.


5. Minum Air putih yang cukup setiap hari

Manfaat minum air putih bagi kesehatan tubuh sangat banyak, cairan tubuh akan terjaga, fungsi usus yang lancar dan mencegah sembelit, serta mencegah terjadinya batu ginjal. Semua manfaat ini akan membawa hasil yang luarbiasa bagi tubuh khususnya peredaran darah. Jumlah ideal konsumsi air putih adalah 2 - 3 liter sehari.

Semua hal baik yang anda lakukan sekarang akan memberikan kesehatan dimasa mendatang bagi tubuh anda. Tubuh yang selalu anda rawat dan jaga tetap fit akan membuat anda terhindar dari penyakit.

Post a Comment for "sebutkan minimal 5 cara menjaga kesehatan organ peredaran darah manusia"