Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Biokatalis yang digunakan untuk menghidrolisis lemak atau lipid menjadi gliserol dan asam lemak adalah Lipase

biokatalis yang digunakan untuk menghidrolisis lemak atau lipid menjadi gliserol dan asam lemak adalah Lipase

Autominilab.com Kita akan bahas Lipid atau lemak yang menjadi suatu zat yang kaya akan energi, dan kedua bagian ini berfungsi sebagai sumber energi utama untuk proses metabolisme tubuh. Lemak yang akan digunakan ini berda dalam tubuh dan bersumber dari makanan dan hasil produksi dari organ hati. Lemak dapat disimpan dalam sel-sel lemak sebagai cadangan energi (Lichtensein dan Jones, 2001).

Biokatalis lipase yang digunakan untuk menghidrolisis lemak atau lipid menjadi gliserol dan asam lemak

Lemak secara umum memiliki fungsi yang beragam diantaranya sebagai pembentukan sel, sumber energi, alat angkut vitamin larut lemak, pelindung organ tubuh, sumber asam lemak esensial, menghemat protein, memberi rasa kenyang dan kelezatan, sebagai pelumas, dan memelihara suhu tubuh (Nugroho, 2009).
 
Tiga (3) asam lemak dan gliserol membentuk trigliserida. Usus menyerap lemak trigliserida yang merupakan salah satu bentuk lemak yang diserap setelah mengalami hidrolisis, lemak trigliserida masuk ke dalam plasma dalam dua (2) bentuk yaitu pertama sebagai kilomokron berasal dari penyerapan usus setelah mengkonsumsi lemak, dan kedua sebagai VLDL (very low density lipoprotein) yang dibentuk oleh hati dengan bantuan insulin. Trigliserida berada di dalam jaringan di luar hati (pembuluh darah, otot, jaringan lemak), dihidrolisis oleh enzim lipoprotein lipase menjadi gliserol dan asam lemak sebagai sumber energi. Kemudian trigliserida sisa hidrolisis, dimetabolisme menjadi LDL (low density lipoprotein) oleh hati (Lichtensein dan Jones, 2001).

Terimakasih.

Post a Comment for "Biokatalis yang digunakan untuk menghidrolisis lemak atau lipid menjadi gliserol dan asam lemak adalah Lipase"