Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Proses denitrifikasi pada siklus alam Merupakan reduksi Nitrat

Proses denitrifikasi pada siklus alam merupakan reduksi
Autominilab.com Denitrifikasi adalah proses reduksi pada alam dimana nitrat dikurangi untuk kembali menjadi gas nitrogen (N2), untuk menyelesaikan siklus nitrogen. Proses denitrifikasi dilakukan oleh spesies bakteri seperti Pseudomonas dan Clostridium dalam kondisi yang anaerobik.

Proses denitrifikasi pada siklus alam merupakan reduksi Nitrat

Lima proses siklus yang terjadi pada biogeokimia nitrogen adalah a). amonifikasi, b) nitrifikasi, c. asimilasi nitrogen, d) denitrifikasi, dan e) fiksasi nitrogen. Proses amonifikasi merupakan proses pembentukan unsur amonia dari materi organik dari lingkungan alam. Amonia mampu mengalami asimilasi menjadi asam amino dan dapat diasimilasi secara langsung oleh kelompok diatom, alga selular dan tanaman tingkat tinggi.

Nitrifikasi merupakan reaksi oksidasi yang terjadi yaitu proses pembentukan nitrit atau nitrat dari amonia. Proses ini dapat berlangsung secara biologis maupun secara kimiawi. Asimilasi nitrogen merupakan proses pemanfaatan nitrogen dalam membentuk asam amino dalam protoplasma yang dilakukan oleh fitoplankton, bakteri dan alga. Senyawa amonium dan nitrit ini merupakan bagian penting dari siklus nitrogen di alam.

Denitrifikasi merupakan reaksi reduksi nitrat menjadi nitrit, menjadi nitrit oksida, dan menjadi gas nitrogen. Sedangkan fiksasi nitrogen merupakan pengikatan gas nitrogen menjadi amonia dan nitrogen organik (Dong et al., 2004). Proses ini dapat terjadi di alam ataupun daerah tambak yang masih dalam area pantai. Keuntungan pada daerah ini karena melibatkan simbiosis alga dan bakteri (Effendi, 2003).

Selesai.

Post a Comment for "Proses denitrifikasi pada siklus alam Merupakan reduksi Nitrat"