Jelaskan cara pengisian refrigerant pada sistem ac mobil

Jelaskan cara pengisian refrigerant pada sistem ac mobil - Ketika mencoba menjelaskan cara pengisian refrigerant pada AC mobil sangat diperlukan pengetahuan yang mumpuni dibidang ini. Agar nantinya langkah dan cara yang dijelaskan tidak bias dan menyesatkan pembaca.

Jelaskan cara pengisian refrigerant pada sistem ac mobil

Freon atau refrigerant AC mobil berada didalam sistem yang sudah didesain dengan sempurna untuk bekerja menghasilkan udara dingin kepada pengemudi mobil.

Jelaskan cara pengisian refrigerant pada sistem ac mobil

Berikut Cara Mengisi Freon AC Mobil

Sebelum langkah pengisian refrigerant sistem AC mobil dilakukan, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dan sudah dilaksanakan dengan baik, yaitu vacuum sistem AC mobil. Langkah vacuum ini dilaksanakan agar memastikan tidak ada udara yang terperangkap didalam sistem AC mobil. Istilah ini dapat kita sebut dalam keadaan kedap udara.

Pasang selang manifold gauge ke manometernya

Langkah pertama adalah merakit peralatan manifold gauge beserta selang-selangnya. Selang warna kuning ditengah, selang warna biru pada low atau manometer biru, dan selang merah pada high atau manometer merah.

Pasang manifold gauge ke pipa low dan high

Sekarang manifold kita tambahkan quick coupler dimasing selang merah dan biru. Komponen ini yang akan kita gunakan menyambung selang manifold gauge dengan pipa tekanan rendah dan tinggi sistem AC mobil.
  • Pasang selang kabel yang ada pada manifold gauge warna merah, biru, kuning ke portnya masing-masing.
    • Kabel warna kuning yang ada di tengah ke tabung freon.
    • Kebel warna biru ke Low Pressure Pentil.
    • Kabel warna merah ke High Pressure Pentil.
    • Pastikan semua keran atau valve tertutup dengan rapat sebelum memulai pengisian.
  • Bukalah keran atau valve pada tabung freon sedikit, dengan melonggarkan mur pada tabung dan keran pada selang kuning yang menempel ke manifold gauge. Buka keran atau valve sedikit agar udara yang terperangkap pada selang kuning keluar. Buka selama 4 detik sampai ada terdengar bunyi suara mendesis.
  • Tutup kembali keran pada tabung dan keran pada selang kuning dengan rapat
  • Kemudian jendela mobil dibuka, lalu nyalakan engine dan AC di-ON-kan pada setting kecepatan kipas blower paling cepat, dan suhu paling dingin.
  • Buat putaran engine hingga running mencapai putaran 1100 sampai 1500 rpm.
  • Lalu longgarkan keran pada manifold gauge, selang warna merah dan biru, hingga penunjuknya bergerak dan terbaca. Tekanan standard maksimal adalah 40 Psi pada pipa tekanan rendah dan maksimum 225 Psi pada pipa tekanan tinggi. Jangan kurang atau lebih, harus dipastikan pas dan tepat.
  • Silahkan tutup kembali semua keran, kemudian buka perlahan valve yang ada pada tabung freon.
  • Pengisian freon sedang dimulai dengan membuka keran berwarna biru pada low pressure. Tunggu beberapa saat hingga indikator penunjukan tekanan naik hingga terbaca 35-40 Psi.
  • Lalu tutup keran selang low dan keran tabung freon dengan kondisi engine tetap hidup.
  • Kemudian buka kembali keran low warna biru, dan juga keran high berwarna merah. Biarkan beberapa saat hingga indikator pada high pressure terbaca 200 Psi.
  • Jika tekanan belum tercapai batas tersebut, tutup kembali semua keran, dan ulangi langkah pengisian freon dengan membuka keran low dan high tersebut hingga batas maksimum dicapai. 
Catatan : Jika sudah dilakukan pengisian berkali-kali tetapi tidak tercapai pembacaan low dan high sesuai spesifikasi, artinya ada sistem yang tidak bekerja dengan sempurna.

Semoga berhasil dan AC mobil anda menjadi dingin.

Itu dia kami Jelaskan cara pengisian refrigerant pada sistem ac mobil secara lengkap dan akurat. Semoga bisa bermanfaat.