Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara pengisian refrigerant ac split lengkap

Hai Jejak Pak Mantap cholic. Jika kamu menemukan dan membaca tulisan ini itu pasti kamu lagi bingung ya ? Jika anda ingin mengisi freon ac tapi tidak mengerti caranya dan langkahnya? Tidak memiliki pengetahuan bagaimana cara yang benar mengisi freon pada ac? Tidak perlu panik. Mari pahami dan mengerti tulisan artikel berikut ini. 

Pada kesempatan kali ini Jejak Pak Mantap akan menulis mengenai cara mengisi freon ac dengan benar. Mulai dari bagaimana cara memasang manifold dengan benar pada unit AC split, cara mengisi freon dan menentukan ukuran tekanan freon AC ketika melakukan proses pengisian. 

Sebelum membuat pembahasan inti pokoknya. Sebaiknya Jejak Pak Mantap menjelaskan mengenai freon AC split terlebih dahulu. Setidaknya ada 3 jenis freon AC split yang populer yang digunakan sebagai siklus pendingin pada ac ketiga jenis freon ini adalah Freon R22, Freon R32 dan freon R410. Ketiga gas pendingin ini memiliki karakteristik dan kepadatan gas yang berbeda-beda satu dengan lainnya. 

Tidak cukup hanya itu saja. Cara dan prosedur pengisiannya pun agak berbeda satu dengan yang lainnya. Perbedaan ini bukan pada cara mengisi, namun bagaimana ketentuan tekanan dan hal-hal yang menyangkut pada saat proses pengisian. 

Analoginya seperti ini. 

Pengisian freon AC split dengan freon R22 lebih mudah melakukan proses pengisiannya, karena freon R22 ini merupakan jenis freon yang tidak terlalu sensitif dengan keberadaan kotoran dan air. Bukan berarti bisa diberi air dan kotoran, kalau memungkinkan tetap jangan sampai ada kotoran dan air yang masuk saat mengisi freon jenis R22. 

Sementara untuk freon jenis R32 dan R410a memiliki sifat yang sangat sensitif terhadap debu dan uap air, walaupun yang masuk sangat sedikit sekali, tetapi uap air dan debu akan berpengaruh pada proses pendinginan ac. Diameter ukuran pipa yang digunakannya untuk freon ini berbeda. Freon R32 dan R410 harus menggunakan pipa yang memiliki lebih tebal dari pipa yang di pakai AC dengan freon R22. Kalua AC dengan freon R22 biasanya menggunakan ukuran ketebalan pipa 0,5mm, maka pada freon R32 dan R410 harus lebih tebal yakni 0,6mm atau paling tidak 0,55mm. 

Prosedur pengisian refrigratnya pun berbeda, pada AC freon R32 dan R410 harus dilakukan vacum sebelum proses pengisian freon, proses ini dilakukan agar tidak ada lagi kotoran dan air tersisa di dalam pipa. Proses vacum ini dilakukan agar tidak ada udara terperangkap didalam instalasi pipa, artinya sistem ac harus kedap udara. 

Mari kita teruskan ke cara pengisian refrigerant ac split lengkap. Jejak Pak Mantap beraggapan kamu sudah memiliki semua peralatan yang dibutuhkan pada pengisian refrigerant AC, seperti kunci inggris, obeng, tang, kunci L, manifold gauge dan tespen. Jadi tidak perlu dibahas lagi mengenai peralatan yang diperlukan dalam mengisi freon ac. 

Berikut cara pengisian refrigerant ac split lengkap 

1. Pasang selang manifold gauge ke pentil pengisian kompresor pada outdoor 

Silahkan buka baut penutup pentil pengisian kompressor dan memasang selang manifold pentil pengisian kompresor. Rangkaian pemasangannya adalah satu selang manifold warna biru ke kompresor dan memasang selang kedua warna kuning ke tabung freon.
cara pengisian refrigerant ac split lengkap
Pastikan kondisi katup manifold atau keran dalam posisi tertutup. Jika anda menggunakan manifold gauge untuk freon R22 dipasang pada AC dengan freon R32 atau R410a dibutuhkan adaptor baut pentil pengisian untuk jenis R32 dan R410 pada ujung manifold yang sesuai dengan ukuran pentil pada ac jenis freon R32 dan R410. Kondisi ini anda sudah dalam kondisi ready pengisian freon AC. 

2. Isi freon AC sedikit demi sedikit 

Pengisian freon AC jangan buru-buru. Lakukan pengisian secara demi sedikit. Buka keran atau katup manifold warna biru dan perhatikan jarum manifold akan mulai bergerak naik semnari bertambahnya jumlah freon AC yang masuk kedalam sistem. Jangan lebar membuka keran atau katup manifold ini, agar freon ac yang masuk harus berbentuk gas, jika dibuka lebar, freon yang masuk akan berupa cairan. 
Perhatikan keselamatan kerja dengan pengisisan ini yang hati-hati, tenang dan tidak perlu terburu-buru namun pasti. Pada saat jumlah pengisian freon sudah mencapai di angka 30 - 40 psi, pada pipa ac akan terdapat bunga es. Kejadian ini normal dsn tidak perlu panik. Freon yang tanggung atau belum mencapai tekanan kerja akan terlihat bunga es pada pipanya. Lakukan pengisian terus sampai bunga esnya hilang, Perlu diperhatikan juga saat jarum sudah diatas 60 Psi, bunga es pada pada pipa akan hilang dengan sendirinya. 

3. Atur tekanan freon AC sesuai dengan kapasitas PK AC 

Pengisian freon Ac akan berhubungan dengan besar tekanan standar dari unit AC. Sebelum menetapkan tekanan freon yang akan di isi, kamu wajib mengetahui ukuran tekanan freon sesuai PK dari ac tersebut. Selain berdasarkan tekanan freon dapat juga dengan menggunakan ukuran tang ampere, hal ini juga perlu kamu ketahui batas ampere maksimal dari ac tersebut sehingga dapat menyesuaikan dengan tekanan freon AC. 
  • AC split yang ukuran 0,5 pk isi dengan tekanan freon maksimal 60-70 psi. 
  • AC split 3/4 dan 1 pk maksimal tekanan freonnya 80-90 psi. Tidak serta merta kamu harus mengikuti besar tekanan ini, anda harus mempertimbangkan ampere dari kompresor. Jika besar ampere melebihi batas yang ditentukan pabrikan kompresor bisa mengalami overload dan memutus sendiri. 
  • Sistem AC dengan freon R32 dan R410a memiliki tekanan diantara 120 Psi s.d 160 Psi. Namun, tetap memperhatikan ukuran besar ampere. 
Saya contohkan ac dengan ampere 2,5 Amp. Pada saat mengisi freon, pastikan pembacaan ampere meter tidak lebih dari 2,5 ampere. Jika ampere melebihi 2,5 pasti akan berpengaruh buruk dengan sistem AC split. 

Gunakan tang ampere sebelum mengisi freon dengan cara memasang tang ampere di salah satu kabel yang terhubung ke outdoor. 

Jika tekanan pengisian telah tercapai pastikan memeriksa indoor ac. Pada unit indoor akan terasa hembusan dingin dari angin indoor. Jika sudah dikonfirmasi sudah dingin, proses pengisian freon telah selesai. Silahkan lepaskan selang manifold pengisian freon ac dari outdoor dan kencangkan baut tutup pentil.

Post a Comment for "Cara pengisian refrigerant ac split lengkap"