Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

√ Skema Rangkaian Lampu emergency Otomatis Saat Listrik Padam

Cara Membuat Artikel atau Postingan Valid AMP HTML
Rangkaian Lampu emergency Otomatis Saat Listrik Padam

Kali ini saya akan membagikan Skema Rangkaian Lampu emergency Otomatis Saat Listrik Padam. Saya mendapatkan rangkaian ini dari internet dengan pencarian yang melelahkan. Kemudian setiap artikel yang saya jumpai analisis dan dinilai mana rangkaian yang berhasil.

Pada zaman sekarang ini, listrik sudah menjadi salah satu kebutuhan primer manusia. Bagaimana tidak, hampir semua kebutuhan dan kegiatan manusia ditopang dari perangkat elektronik yang memerlukan sumber listrik.

Apa yang terjadi pada saat listrik padam ? Keadaaan menjadi sangat gelap dan hampir tidak terlihat apa-apa. Cahaya gelap karena listrik padam membuat mata tidak dapat melihat benda-benda disekitar. Tentunya hal ini sangat menggangu semua kegiatan manusia akan seperti Informasi, Hiburan, komunikasi dan Penerangan.

Rasa kesal bercampur panik, akan terjadi dalam diri seseorang yang saat mengalami listrik padam. Kita harus menunggu hingga pihak pengelola PLN menghidupkan kembali listrik. Namun sebelum itu, anda harus punya penerangan sendiri.

Jalur lampu pribadi ini dibuat rangkaian otomatis hidup saat listrik PLN padam. Sungguh sulit untuk mencapai saklar ketika listrik padam. Anda akan meraba-raba tembok, untuk mengetahui arah menuju saklar lampu emergency.

Kami akan membagikan sebuah skema rangkaian penerangan yang otomatis menyala pada saat listrik padam. Pada artikel berikutnya kami akan jelaskan tentang sirkuit lampu emergeny otomatis yang menggunakan Input Charger HP 5V.

Pada artikel Skema Rangkaian Lampu emergency Otomatis Saat Listrik Padam ini, sumber tegangan yang digunakan adalah Adaptor 15V. Sementara Baterai yang digunakan adalah Baterai 12V atau Aki. Mengapa memakai 12V ? Karena daya yang dapat diberikan dapat lebih optimal sehingga cahaya yang dihasilkan lebih terang dan lebih lama digunakan.

Skema Rangkaian Lampu emergency Otomatis Saat Listrik Padam

Skema Rangkaian sederhana Lampu emergency Otomatis Saat Listrik Padam dapat dilihat pada gambar dibawah ini :

Skema Rangkaian Lampu emergency Otomatis Saat Listrik Padam

Cara kerja rangkaian
Berikut cara kerja rangkaian lampu emergency otomatis tersebut diatas. Kami hanya berusaha memberi gambaran yang lebih spesifik agar anda dapat memahami rangkaian itu dengan baik.
  1. Ketika saat PLN beroperasi, Charger HP menyuplai daya listrik arus rendah ke baterai SLA melalui rangkaian D1, R1 dan D3. Dua buah dioda yang diseri memberikan tegangan forward sebesar 0.6 X 2 = 1.2 V. maka tegangan pada baterai adalah 15 - 1.2V = 13.8V.
  2. Pada tahap ini rangakaian yang bekrja mengisi baterai dengan tegangan yang tidak melebihi ambang batas baterai, agar aman bagi baterai. Biasanya tegangan maksimal yang aman pada baterai SLA adalah 13,8 V.
  3. Pada saat bersamaan tegangan baterai memberikan potensial tinggi ke kaki basis Q1 melalui D1 dan D2. Karena yang dipakai adalah Transistor PNP, maka potensial positif akan memutus sambungan Kolektor dan Emitornya sehingga Lampu tidak menyala.
  4. Saat listrik PLN padam, tegangan pada jalur Adaptor 15V terputus, pada saat injuga baterai berhenti mengisi. Kaki basis yang semula berpotensial positif berubah menjadi negatif karena terhubung dengan Ground melalui R2.
  5. Sementara potensial negatif pada Basis menjadikan Transistor Q1 Aktif, sehingga Kolektor (C) dan Emitornya (E)  terhubung. Akibatnya, Arus pun mengalir ke Lampu LED melalui Transistor dan R3, lalu Lampu L1 sampai L20 menyala.
Uraian Skema Rangkaian Lampu emergency Otomatis Saat Listrik Padam ini mungkin saja belum sempurna. Anda boleh melakukan modifikasi atau penyesuaian pada bentuk maupun komponen yang digunakan.

Uji ketahanan terhadap panas dari rangkaian ini belum kami lakukan. Karena itu, segala resiko terjadinya kerusakan atau terbakar tidak menjadi tanggung jawab kami. Eksperimen, lalu analisis secara teori wajib anda lakukan terlebih dahulu sebelum menerapkan rangkaian ini.

Demikian pembahasan kami mengenai Skema Rangkaian Lampu emergency Otomatis Saat Listrik Padam ini. Jika ada saran dan perbaikan, siap kami tampung dan tindak lanjuti. Terimakasih sudah berkunjung diblog sederhana kami ini.

Editor : David Sigalingging | Sumber : Andalanelektro.id

Post a Comment for "√ Skema Rangkaian Lampu emergency Otomatis Saat Listrik Padam"