Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan proyeksi amerika dan eropa Gambar Teknik dan Ulasannya

Perbedaan proyeksi amerika dan eropa -  Pada gambar teknik dikenal Proyeksi amerika dan eropa, dimana kedua jrnis proyeksi ini termasuk proyeksi orthogonal. Meski keduanya sama-sama orthogonal mereka memiliki perbedaan sehingga akan timbul kesalahan apabila tidak mengetahui perbedaan proyeksi amerika dan eropa. Kemudian, pertanyaanya, apa sebenarnya perbedaan proyeksi amerika dan eropa?

Proyeksi orthogonal merupakan gambar proyeksi yang bidang prediksinya memiliki sudut tegak lurus kepada projectornya atau garis-garis yang memproyeksikan beberapa benda pada bidang proyeksi. Artinya proyeksi amerika dan eropa memvisualisasikan sebuah objek lewat garis penglihatan pada suatu bidang datar.

Kata lainya, bahwa dalam mengekspresikan wujud objek yang berbentuk gambar, maka diperlukan adanya sebuah metode yang disebut proyeksi. Gambar yang diproyeksikan merupakan gambar dari objek nyata atau khayal yang menurut garis pandang pengamat pada suatu bidang datar (bidang gambar).

Perbedaan proyeksi amerika dan eropa Gambar Teknik

Sebuah objek benda tiga dimensi dapat disajikan pada sebuah bidang dua dimensi dengan menggunakan cara proyeksi. Ada beberapa macam cara dalam menggambar proyeksi, dalam hal ini dikelompokkan menjadi dua macam, yaitu gambar pandangan tunggal (proyeksi piktorial) dan gambar pandangan majemuk (proyeksi ortogonal).

Pada pembahasan kali ini kita akan membahas lebih spesifik ke gambar proyeksi orthogonal. 

PROYEKSI ORTHOGONAL

Proyeksi ortogonal merupakan gambar yang diproyeksikan, dan bidang proyeksinya tegak lurus dengan proyektornya sendiri. Proyektor tersebut merupakan garis yang memproyeksikan objek ke bidang proyeksi. Pada proyeksi ortogonal ada beberapa perspektif yang digunakan yaitu tampak depan, tampak atas, tampak samping, dan proyeksi piktroial. 

Pada umumnya, proyeksi ortogonal dibagi menjadi dua jenis, yaitu proyeksi Amerika dan proyeksi Eropa.

a. Proyeksi Amerika

Adapun Proyeksi Amerika yang merupakan proyeksi pada bidang yang sama dengan garis pandang. Proyeksi Amerika sering disebut proyeksi kuadran III atau proyeksi sudut ketiga.

proyeksi-amerika
Proyeksi Amerika

b. Proyeksi Eropa

Sementara Proyeksi Eropa merupakan proyeksi yang posisi proyeksi dan arah garis pandangnya terbalik. Proyeksi Eropa sering juga disebut proyeksi kuadran I atau proyeksi sudut pertama.

proyeksi-eropa
Proyeksi Eropa

PERBEDAAN PROYEKSI AMERIKA DAN EROPA

1. Penerapan Proyeksi 

Pertama kita akan bahas perbedaan dari sudut pandang penggunaan proyeksi Amerika dan Eropa. Dimana dalam hal proyeksi Amerika memiliki cara yang lebih rasional untuk penerpannya. Oleh karena itu, proyeksi ini lebih banyak digunakan oleh Amerika Serikat, Jepang, Korea Selatan, Australia dan Indonesia. Lain halnya dengan satunya itu dalam penggunaan proyeksi Eropa banyak digunakan di negara-negara Eropa.

2. Simbol 

Simbol proyeksi
Simbol Proyeksi

Apabila kita lihat dari pembacaan simbol, proyeksi amerika dan eropa memiliki perbedaan. Adapun yang menjadi pembeda antara proyeksi amerika dan eropa pada letak arah pandangannya. Agar lebih jelasnya mengenai simbol proyeksi baik amerika maupun eropa dapat dilihat pada gambar atas ini.

3. Letak Kuadran 

kuadran
Kuadran

Perbedaan ketiga antara proyeksi amerika dan eropa terletak pada posisi kuadrannya. Dalam proyeksi dibagi menjadi empat kuadran, masing-masing teredapat kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Setiap kuadran dibagi dari perpotongan bidang vertikal dan bidang horizontal sehingga memiliki 4 kuadran. 

Proyeksi amerika berada di kuadran ketiga. Kuadran ini terletak di sebelah kiri bidang vertikal dan di bawah bidang horizontal. Sementara proyeksi eropa berada di kuadran I. Kuadran I terletak di sisi kanan bidang vertikal dan di atas bidang horizontal.

4. Arah Pandangan

arah pandangan

Akibat dari posisi kuadran yang berbeda antara proyeksi amerika dan proyeksi eropa, maka arah pandangan kedua proyeksi tersebut juga berbeda. Dalam proyeksi Amerika adalah proyeksi yang bidangnya sama dengan arah pandangan. Tata letak dengan perspektif yang sama membuat proyeksi Amerika lebih mudah dipahami.

Sementara, posisi bidang proyeksi Eropa berlawanan dengan arah pandangan. Kalaupun terletak terbalik, jika kita sudah mengetahui proyeksi Amerika akan mudah untuk memahami proyeksi Eropa juga. Hal ini karena hanya tinggal menukar posisi saja.

Begitulah dulu pembahasan kali ini mengenai perbedaan antara proyeksi amerika dan proyeksi eropa. dalam bingkai proyeksi orthogonal. Semoga dapat bermanfaat. 

David Sigalingging
David Sigalingging Buku catatan digital seorang guru yang menuangkan pengetahuan kedalam tulisan. Semoga artikel tulisan saya bermanfaat bagi orang banyak. Mari menulis! Mari Membaca!