close
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Memeriksa Sekring (Fuse) pada Mobil AVANZA

Cara Memeriksa Sekring Mobil - Sekring merupakan komponen yang digunakan dalam suatu rangkaian kelistrikan yang berperan sebagai pengaman rangkaian.

Berdasarkan hal itu komponen ini adalah komponen utama dalam suatu rangkaian kelistrikan, jadi memeriksa kondisi fuse merupakan salah satu cara yang paling mudah untuk memeriksa kondisi kelistrikan mobil yang mati.

Seperti lampu yang tidak menyala, starter yang tidak merespon ketika di start, power window yang tidak berfungsi, klakson, dan semua komponen lain yang termasuk dalam sistem kelistrikan kendaraan ketika terjadi trouble maka anda wajib mengecek komponen yang satu ini.

Penyebab sekring panas bisa karena beban kelistrikan yang besar atau diistilahkan dengan overload. Selain itu kondisi sekring yang menggantung tidak terpasang bagus didudukannya juga bisa membuat sekring panas.

Bagaimana dampak yang terjadi jika aliran listrik yang mengalir terlalu besar dan lama membuat fuse akan panas dan bahkan putus. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan terjadi kebakaran disebabkan oleh sekring yang panas tersebut.

Fungsi Fuse/Sekring

Fungsi utama dari fuse yakni sebagai pengaman rangkaian, dimana fuse akan membatasi jumlah arus listrik yang mengalir di dalam suatu rangkaian. Dalam hal ini fuse akan mengecek aliran listrik yang mengalir di dalam suatu rangkaian apakah sudah sesuai atau belum. Jika arus listrik yang mengalir melebihi batas yang telah ditentukan maka arus listrik akan di putus dengan cara meleburkan kawat halus yang terdapat dalam fuse.


Pertama Sobat harus tahu terlebih dahulu, bahwa fuse yang digunakan pada elektrikal mobil menggunakan fuse model blade. Selain jenis fuse ini ada beberapa jenis fuse lain yang biasa digunakan sebagai pengaman rangkaian.

Macam-macam Fuse :

Cara Memeriksa Sekring (Fuse) pada Mobil AVANZA
1. Fuse Fusible Link
2. Fuse Tipe Blade
3. Fuse Tipe Catridge (Fuse Tabung Kaca)

Selepas mengetahui jenis fuse, sekarang Sobat harus fokus pada fuse yang digunakan pada bagian elektrikal dari kendaraan Toyota Avanza. Lokasi dari fuse ini terdapat di dalam fuse box, baik di dalam ruang mesin maupun di bagian interior kendaraan. Jenis fuse yang digunakan adalah fuse tipe blade.

Dibawah ini kode warna dari fuse tipe blade


Cara Memeriksa/Mengganti Sekring Pada Unit Kendaraan AVANZA

1. Posisikan kunci kontak OFF.
2. Angkat kap mesin kendaraan dengan cara menarik tuas yang ada di bawah (depan) bangku pengemudi.

3. Angkat kap mesin depan, tekan ke atas tuas pada kap mesin kemudian angkat.


4. Lepaskan fuse dan relay box bagian depan


5. Dibwah ini merupakan layout fuse dan fusibelink pada mobil Toyota AVANZA

Fuse pada bagian mesin kendaraan



Fuse/sekring pada bagian interior kendaraan


Untuk lebih tau arti dari kode fuse, bisa klik pada cara membaca kode fuse.

6. Apabila telah memahami berbagai kode fuse yang terdapat pada tanda visual di bagian fuse box, selanjutnya lakukan pemeriksaan Fuse menggunakan AVO meter.

Sebuah fuse dapat saja terlihat utuh, namun sebenarnya putus dan perlu diganti, pastinya memeriksa secara visual saja tidak cukup. Karenanya kita menggunakan AVO meter untuk mengecek kontinuitasnya.


Fuse yang digunakan dalam unit kendaraan avanza menggunakan fuse blade (fuse kaki 2) yang terdiri dari 2 lempeng logam yang dihubungkan dengan kawat berbentuk U. Apabila kawat berbentuk U ini putus maka listrik tidak akan mengalir.

Berikut cara memeriksa fuse menggunakan AVO meter

  • Angkat dan lepaskan fuse menggunakan puuler fuse
  • Laksanakan pengecekan kontinuitas menggunakan AVO meter dengan memutar bagian selector AVO meter pada posisi serangkaian busur paralel.
  • Lalu tempatkan kedua probe ke masing masing ujung dari fuse.
  • Apabula terdengar bunyi bip yang konstan artinya fuse dalam kondisi baik sebaliknya jika anda tidak mendengar bunyi bip ketika kedua ujung probe dihubungkan dengan fuse, artinya fuse sudah putus dan perlu diganti.
Alat ukur yang digunakan untuk mengetahui sekring masih berfungsi atau tidak adalah multimeter atau AVOmeter. Kalau AVO meter yang digunakan tidak memungkinkan untuk melakukan uji kontinuitas, anda bisa juga memeriksa kondisi fuse dengan melakukan uji hambatan
  • Posisikan AVO meter pada OHM. Tempatkan selector pada posisi OHM x1
  • Lalu tempatkan kedua probe ke masing masing ujung dari fuse.
  • Apabila anda menggunakan AVO meter analog maka pointer (jarum) penunjuk pada AVO meter akan bergerak. Ini menandakan kondisi fuse masih baik.
  • Kalau Sobat menggunakan AVO meter digital, maka ketika pengecekan, anda akan melihat adanya perubahan nilai yang ditunjukan oleh AVO meter.
  • Kalau pada AVO meter menunjukan nilai 0 dan tidak terjadi perubahan nilai maka dipastikan fuse dalam kondisi putus dan harus diganti.
Saat melakukan penggantian fuse/sekring usahakan menggunakan fuse/sekring dengan kode angka yang sama (sesuai) dengan spesifikasi pabrikan seperti yang tertera pada penutup fuse box.
Admin
Admin Buku catatan digital seorang guru yang menuangkan pengetahuan kedalam tulisan. Semoga artikel tulisan saya bermanfaat bagi orang banyak. Mari menulis! Mari Membaca! Bintan News

Post a Comment for "Cara Memeriksa Sekring (Fuse) pada Mobil AVANZA"