Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Ciri Ciri Impeller Jet Pump Rusak

Ciri Impeller Jet Pump Rusak - Impeller adalah komponen penting pada mesin pompa air, salah satunya. Kalau impeller tersebut rusak, dengan begitu kinerja pompa air pasti terganggu, seperti apa sih ciri-cirinya?

Oleh karena itu, pada artikel kali ini, kami akan berbagi pengalaman dalam mengenali tanda-tanda kerusakan pada komponen impeller pompa air.

Seperti mana kerusakan pada komponen pompa air lainnya, tentu terdapat gejala yang ditunjukkan oleh pompa air, di mana pompa tidak bisa bekerja secara normal dalam menyedot air seperti hari-hari sebelumnya.

Gejala yang umum sering terlihat yakni debit yang dihasilkan oleh pompa air mengalami penurunan atau kadang juga tidak ada sama sekali.

Akan tetapi, tanda ini belum cukup bagi kita agar bisa mengetahui apakah impeller yang rusak atau pada komponen lainnya.

Dengan demikian, proses indentifikasi secara lengkap penting dikerjakan untuk menentukan komponen yang bermasalah.


Kemudian, apabila impeller yang rusak, bagaimana ciri-cirinya? Oke, dibawah ini penjelasan lengkapnya.

Ciri Ciri Impeller Jet Pump Rusak

Ciri-Ciri Impeller Pompa Air Rusak

Ciri ciri umum paling sering terlihat apabila impeller rusak ialah debit air yang dihasilkan pompa air mengalami penurunan. Adapun beberapa ciri ciri impeller jet pump rusak, silahkan simak penjelasan lengkap di bawah ini.

1. Daya Hisap atau Dorong Jet Pump Lemah

Tanda gejala kerusakan pada pompa air sangat beragam dan akan sulit untuk mengetahuinya lebih awal jika Sobat memang belum berpengalaman dalam hal ini. Sebenarnya sangat penting untuk bisa memahami berbagai tanda tanda yang mengindikasikan bahwa pompa air Sobat sedang dalam kondisi kurang optimal.

Terlambat mengetahui gejala dan tanda kerusakaan pada pompa air, akan membuat unit mesin pompa Sobat masuk dalam masa kritis. Biasanya kalau sudah begini akan berakibat fatal dan sudah barang tentu biaya lebih besar harus siap Sobat keluarkan.

Selama ini, banyak yang menyangka bahwa ketika daya hisap/dorong air lemah, maka dinamo atau kapasitor pompa yang bermasalah.

Meskipun benar, tapi hal tersebut bukanlah satu-satunya penyebab karena daya hisap/dorong pompa juga sangat bergantung pada komponen impeller.

Bentuk impeller dengan desain sedemikian rupa menghasilkan mekanisme hisapan atau dorongan air ketika berputar.

Jadi, ketika daya hisap/dorong pompa lemah, pastikan terlebih dahulu kondisi putaran mesin, jika normal-normal saja, maka bisa dipastikan impeller-nya rusak.

Ciri ciri impeller jet pump rusak adalah putaran mesin normal akan tetapi daya hisap atau dorong lemah. Banyak orang beranggapan bahwa daya hisap/dorong lemah, maka ada masalah pada dinamo atau kapasitor jet pump itu sendiri.

Itu memang tak sepenuhnya salah, namun ini juga bisa disebabkan karena impeller telah rusak. Mengingat impeller merupakan komponen yang berperang dalam penyedotan air, maka jika daya hisap dan dorongnya lemah artinya impeller rusak.

2. Air Yang Keluar Kecil

Untuk diketahui, ciri-ciri impeller pompa air rusak adalah putaran mesin normal tetapi daya hisap atau dorong pompa lemah, akibatnya tekanan dan debit air yang dihasilkan berkurang.

Impeller yang rusak bisa diperhatikan dari bentuknya yang telah aus dengan permukaan yang sudah tidak rata atau bisa juga karena gigi-giginya telah banyak yang patah.

Perlu diketahui bahwa salah satu penyebab jet pump airnya kecil ialah karena impeller rusak. Meskipun ini juga disebabkan karena gear box rusak atau kesalahan pemasangan instalasi listrik, namun impeller cacat juga jadi penyebabnya.


Jadi ketika debit air yang keluar dari jet pump kecil, maka cobalah periksa di bagian impeller apakah masih dalam kondisi yang baik atau memang sudah rusak.

Penyebab Impeller Jet Pump Rusak

Impeller rusak bisa disebabkan karena sudah termakan umur pemakaian yang lama. Selain itu, penyebabnya juga karena tempat impeller kotor yang menimbulkan gesekan sehingga menyebabkannya cepat aus atau tidak rata.

Bukan itu saja, impeller rusak juga bisa disebabkan karena banyak gigi yang telah patah. Setelah dipastikan bahwa impeller benar-benar telah rusak, maka impeller ini harus segera di perbaiki. Lalu, bagaimana cara memperbaiki impeller rusak?

Tentu saja caranya sangat gampang, dimana saat impeller jet pump rusak maka Sobat bisa menggantinya dengan impeller yang baru. Sobat dapat memperoleh impeller jet pump dengan sangat mudah di toko offline maupun online.

Sobat tidak perlu khawatir karena harga impeller jet pump tidak memnberatkan kantong, dimana harganya kurang lebih sekitar Rp. 110.000 untuk kualitas terbaik. Setelah impeller rusak di ganti, maka debit air pompa akan kembali besar seperti baru.

Penutup

Baiklah, Demikian informasi lengkap dari bintannews.com terkait ciri ciri impeller jet pump rusak. Sekiranya cukup sekian informasi dari kami terkait tanda-tanda kerusakan impeller jet pump, semoga ulasan di atas bisa membantu Sobat.

Simpulannya, ciri-ciri impeller pompa air yang rusak adalah putaran mesin normal tetapi daya hisap atau dorong pompa lemah, karena kejadian ini tekanan dan debit air yang dihasilkan berkurang.
Bintan News
Bintan News Buku catatan digital seorang guru yang menuangkan pengetahuan kedalam tulisan. Semoga artikel tulisan saya bermanfaat bagi orang banyak. Mari menulis! Mari Membaca! Bintan News
close