close
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Peralatan Service HP Untuk Pemula dan Fungsinya

Peralatan Service HP Untuk Pemula - Pada waktu memilih alat dan peralatan untuk memperbaiki HP, sungguh wajib untuk memilih alat dengan kualitas terbaik. Harga alat mungkin saja murah sehingga bisa saja tidak berguna saat memperbaiki HP.

Sementara kualitas alat yang mahal merupakan langkah terbaik dalam membeli produk berkualitas. Dengan demikian peralatan akan membantu sobat untuk memperbaiki ponsel dengan mudah dan nyaman.

Tersedia ratusan alat tersedia di pasar yang bisa dibeli untuk memperbaiki ponsel. Sangat disarankan  untuk memilih merek terbaik. Berikut ini banyak alat dan peralatan yang diperlukan untuk membongkar ponsel dan melakukan perbaikan HP:

Macam Macam Peralatan Service HP Untuk Pemula

Adapun berbagai macam alat yang diperlukan seorang teknisi agar bisa menjalankan usaha perbaikan atau service HP dengan sangat baik.

Dimana alat-alat yang dibahas dibawah ini sangat lengkap sampai dengan peralatan kecil sekalipun ada didaftar ini, antara lain:
  1. Screwdriver Kit
  2. Point Cutter
  3. Nose Cutter
  4. Precision Screwdriver
  5. Soldering Iron
  6. Soldering Station
  7. PCB Holder / PCB Stand
  8. Solder Wire
  9. Thinner or PCB Cleaner
  10. Jumper Wire
  11. Blade Cutter
  12. Tweezers
  13. Brush
  14. Multimeter
  15. Hot Air Blower
  16. Battery Booster
  17. Ultrasonic Cleaner
  18. BGA Kit
  19. Magnifying Lamp
  20. Mobile Opener
  21. DC Power Supply
  22. Liquid Flux
  23. Paste Flux
  24. Solder Paste
  25. Cleaning Sponge
  26. Desoldering Wire
  27. IRDA or Infrared Workstation
  28. Antistatic Mat
  29. Smoke Absorber
  30. Battery Tester
  31. LCD Tester
  32. Microscope
  33. Test JIG Box
  34. Wrist Strap
  35. Antistatic Hand Gloves
Apa saja penjelasan dari peralatan service Hp untuk pemula dan fungsinya tersebut, yuk simak dibawah ini.

a. Screwdriver Kit

Seperti sama sama kita tahu bahwa HP terdiri dari beberapa bagian yang digabungkan menjadi satu unit yang utuh. Setiap bagian atau komponen biasanya dipasang dan diikat dengan sekrup, yang hanya bisa dibuka dengan menggunakan obeng.

Dipasaran terdapat beberapa bentuk dan ukuran obeng untuk membongkar dan merakit ponsel yang berbeda. Atau bahkan dalam satu unit HP pun adanya banyak bentuk dan ukuran sekrup. Dengan demikian, sobat harus memiliki berbagai bentuk dan ukuran screwdriver.

Tenang saja, Sob tidak perlu bingung untuk membeli satu persatu berbagai ukuran obeng ini. Biasanya pihak produsen sudah membuatkan paket alat untuk mempermudah konsumen membeli keperluan usaha perbaikan HP.

Peralatan Service HP Untuk Pemula dan Fungsinya
Secrewdrive Kit
b. Point Cutter

Seperti namanya point artinya titik, cutter artinya pemotong, bahwa diperlukan untuk memotong bagian kawat atau kaki kaki komponen yang berlebih.

Tang ini berbeda dengan tang potong yang dipakai di bengkel mobil, pada saat memperbaiki hp kita perlu tang potong yang sangat tajam agar tidak kesulitan mengilangkan bagian yang tidak diperlukan pada PCB Hp.

Peralatan Service HP Untuk Pemula dan Fungsinya
Point Cutter
c. Nose Cutter

Tang ini sebetulnya lebih berfungsi sebagai pemegang bagian yang HP yang keras. Tang ini mempunyai gerigi yang keras, sehingga bisa saja melukai bagian atau komponen HP.

Saat menggunakan alat ini Sobat harus ekstra hati-hati dan penuh perasaan ketika menekannya. Namun, selain untuk memegang, alat ini bisa sobat pakai untuk memotong kawat yang berukuran lebih besar.

Peralatan Service HP Untuk Pemula dan Fungsinya
Nose Cutter
d. Precision Screwdriver

Inilah obeng yang sebenarnya digunakan teknisi HP dalam membongkar dan memasang spartpart HP. Obeng ini memiliki mata yang tipis dan sangat kuat sehingga bisa memutar sekrup dengan mudah. Bahkan obeng yang agak sulit sekalipun bisa dengan gampang diutar.

Peralatan Service HP Untuk Pemula dan Fungsinya
Precision Screwdriver
e. Soldering Iron

Alat ini dipakai untuk solder komponen kecil seperti kapasitor, resistor, dioda, transistor, regulator, speaker, mikrofon, layar dll solder 50 watt cukup baik untuk pekerjaan memperbaiki sebagian besar ponsel. 

Saat membeli solder sobat akan diberikan pilihan berbagai ukuran bit atau soldering tip. Setiap ukuran ini memiliki fungsi masing-masing yang tepat untuk menyolder komponen.

Tip atau besi solder merupakan bagian solder listrik yang berfungsi untuk mengalirkan energi panas yang sebelumnya dihasilkan oleh elemen pemanas. Oleh karena berfungsi sebagai konduktor, maka bagian ini harus terbuat dari bahan yang mampu menghantarkan panas dengan baik.

Peralatan Service HP Untuk Pemula dan Fungsinya
Soldering Iron
f. Soldering Station

Unit Soldering Station mempunyai 2 unit, stasiun dan besi. Dimana peralatan ini mempunyai pilihan untuk mengontrol suhu tergantung pada kebutuhan panas dari pekerjaan solder sedang dilakukan.

Adapun Solder terpasang dengan stasiun solder. Alat ini lebih baik dan lebih nyaman digunakan dari solder tradisional. Sehingga akan membuat pekerjaan solder lebih mudah dan lebih cepat.

Soldering Station
g. PCB Holder / PCB Stand

Saat bekerja melepas komponen kecil dari PCB, sobat perlu alat penahan PCB alias pemegang papan PCB. Agar saat bekerja PCB ini tidak bergeser-geser, jika bergeser-geser tentu sulit untuk melepas IC atau tombol.

Unit holder PCB (Printed Circuit Board) dipakai untuk memegang PCB dari ponsel ketika solder atau dilakukan perbaikan. Holder ini memegang PCB sangat kuat dan tidak memungkinkan untuk bergerak sehingga membantu dalam memperbaiki HP.

PCB Holder
h. Solder Wire

Solder wire dipakai untuk solder komponen elektronik, IC atau jumper. Bahan dalam pembuatan kawat solder terdiri dari Tin/Timbal dalam rasio 60:40 bisa juga 63:37.

Semenjak diperkenalkannya RoHS (Restriction of Hazardous Substances) dari elektronik, semakin banyak perusahaan yang menggunakan solder bebas timbal. Solder wire harus free timbal tersedia di banyak komposisi tetapi komposisi yang paling umum adalah Tin / Silver / Tembaga di 96.5:3.0:0.5 Ratio. 

Kawat solder ada juga dijual dalam diameter yang berbeda seperti 2.0mm, 1.5mm, 1.0mm, 0.5mm, 0.2mm dll. Akan tetapi untuk memperbaiki ponsel sobat memerlukan diameter 0.5mm kawat solder paling cocok.

Soder Wire
i. Thinner or PCB Cleaner

Bahan Thinner atau PCB cleaner ini dipakai untuk membersihkan PCB dari ponsel. Lazimnya  PCB bersih dipakai dalam perbaikan ponsel IPA atau Isopropyl Alkohol.

Adapun yang perlu diperhatikan dalam membeli kualitas baik PCB cleaner, pembersih PCB berkualitas rendah dapat merusak papan.

PCB Cleaner
j. Jumper Wire

Jumper Wire merupakan laminasi tipis atau kawat dilapisi tembaga dipakai untuk jumper dari satu titik ke titik lain di jalur HP ketika memperbaiki.

Sangat banyak teknisi melakukan pekerjaan perbaikan ponsel dengan jumper untuk memecahkan banyak masalah.
Jumper Wire
k. Blade Cutter

Terkadang sobat perlu memotong stiker atau isolasi yang menempel pada papan PCB. Sehingga tidak bisa dipotong dengan tang potong. 

Sobat memerlukan Blade Cutter untuk menghapus laminasi dari kawat jumper. Blade Cutter juga dapat digunakan untuk beberapa fungsi lain.
Blade Cutter
l. Tweezers

Alat yang satu ini dibutuhkan untuk memegang komponen elektronik, IC, kawat jumper dll sambil melakukan solder dan pematrian komponen pada papan PCB.

Aslinya alat ini sebenarnya untuk mencabut komedo di hidung perempuan biasanya. Kalau di masyarakat ini namanya pinset set.

Tweezers
m. Brush

Didalam papan PCB yang sudah lama tidak dibersihkan terkadang ada debu atau bahkan karat yang menempel. Sehingga sobat perlu membersihkannya dengan lembut, selain menggunakan thinner bisa juga menggunakan brush atau kuas. Dibawah ini gambar berbagai macam kuas pembersih.

Macam macam kuas
n. Multimeter

Saran kami, miliki multimeter dengan hasil pengukuran yang sangat presisi dan akurat. Sehingga nilai pengukuran yang diperoleh tepat dan valid untuk dibandingkan dengan spesifikasi komponen. Sobat pasti tahu bahwa multitester dipakai untuk berbagai macam pengukuran, ampere, volmeter, DC, kapasitansi dan lain-lain.

Multitester Digital
o. Hot Air Blower

Peralatan ini diberi istilah SMD (Surface Mount Device) rework system dan SMD repair system. Sobat memerlukan ini untuk melepas IC pada PCB HP. Karena memiliki kontrol untuk mengatur suhu dan aliran udara panas yang bisa mencairkan timah.
Surface Mount Device
p. Battery Booster

Namanya saja battery booster pastinya sobat sudah paham alat ini untuk meningkatkan tenaga baterai. Terkadang teknisi mendapati HP konsumen yang baterainy soak dan sulit dicas. Untuk mengatasi masalah ini ini, seorang teknisi memerlukan peningkat tenaga baterai handphone. Cocok dipakai untuk meningkatkan kekuatan baterai HP.

Battery Booster
q. Ultrasonic Cleaner

Ultrasonik merupakan getaran yang mempunyai gelombang yang tidak bisa didengar telinga manusia. Jumlah getaran atau paling tepatnya panjang gelombangnya adalah 20 kHz. Sehingga sangat cocok digunakan untuk merontokkan kotoran dari ponsel atapun PCBnya.
Ultrasonik Cleaner
r. BGA Kit

BGA kit digunakan untuk proses reballing atau sering dikatakan dengan reball karena proses ini akan membuat atau mencetak kaki-kaki ic yang biasanya sudah tidak beraturan lagi.

Reball ini bisa menjadikan pilihan pertama dalam perbaikan handphone. Tak jarang kerusakan hanya berasal dari kaki-kaki ic yang kurang PAS pada jalur board-nya, kebanyakan kerusakan akibat jatuh ataupun kena benturan. Pada kasus tertentu, yang belum sebegitu parah bisa melakukan cara rehot (pemanasan).
BGA Kit
s. Magnifying Lamp

Karena sparet part ponsel dipadati oleh komponen elektronika yang super mini, teknisi memerlukan kaca pembesar untuk dapat melihat kaki dari setiap komponen berada dijalur mana. 

Dengan kaca pembesar untuk melihat tampilan komponen diperbesar dari PCB ponsel. Kebanyakan lampu pembesar juga mempunyai cahaya. Alat ini dilengkapi lampu dan kaca pembesar dalam perbesaran yang berbeda yaitu 3x, 4x, 5x, 10x, 50x dll.
Kaca pembesar
t. Ponsel  Opener

Tampang dari alat ini mirip pitch gitar yang dipakai gitaris memetik senar gitar. Eits.., nanti dulu. Mirip memang tapi kelenturan dan ketahanan dari mobile opener sudah disetting khusus untuk ponser. Peralatan service hp ini dipakai untuk membuka casing atau badan dari ponsel.
Ponser Opener
u. DC Power Supply

Saat pcb sudah dibongkar dan telah beres diperbaiki, teknisi perlu mengkonfirmasi apakah sudah berhasil. DC power supply (Direct Current) dipakai untuk pengganti arus bateraai HP dimana arus DC ke PCB yang baru diperbaiki dari power supply. 

DC Power Supply
v. Liquid Flux

Flux cair dipakai untuk membersihkan jalur PCB serta kaki atau pin komponen elektronik ketika akan disolder. Liquid Flux berperan penting dalam meningkatkan kualitas penyolderan. 
Flux Cair
w. Paste Flux

Ketika teknisi akan menyolder IC pada dudukannya di PCB ponsel terlebih dahulu dilumasi dengan paste flux ini. Manfaat melumasi kaki IC dengan flux adalah memastikan timah solder tepat menuju jalur dan kaki saja menempel.

Paste Flux
x. Solder Paste

Paste ini diperlukan saat akan solder di molted bentuk semi-padat terutama pada proses untuk Reballing kaki IC.
Paste untuk solder
y. Cleaning Sponge

Sponge ini kita butuhkan untuk membersihkan mata solder ataupun peralatan service HP lainnya. Meskipun kondisi panas dan masih tajam, tetap bisa kita goreskan dengan sponge ini.

z. Desoldering Wire

Pematrian kawat atau kawat Desoldering wire dipakai untuk menghilangkan kelebihan solder dari jejak PCB.
Desoldering wire
aa. IRDA or Infrared Workstation

Peralatan ini persis dengan blower udara panas. Adapun perbedaan adalah bahwa mesin ini memberikan panas dengan memanfaatkan teknologi inframerah.
Infrared Workstation
ab. Antistatic Mat

Namanya juga anti statik supaya matras yang digunakan tempat pcb diperbaiki tidak mengadung listrik sama sekali. Peralatan ini diletakkan atau ditempatkan di meja atau meja kerja di mana perbaikan ponsel dilakukan. Matras ini mempunyai kabel grounding atau kabel arde normal. Hal ini juga mencegah kerusakan dari listrik statis.

Antistatic Mat
ac. Smoke Absorber

Sesuai dengan namanya bahwa alat ini untuk menyerap asap yang dihasilkan saat memanaskan atau menyolder lalu dibuang menjauh dari teknisi. Alat ini dilengkapi kipas yang membantu untuk menyaring asap yang keluar saat solder dan pematrian.
Smoke Absorber
ad. Battery Tester

Peralatan service HP yang satu ini dibutuhkan teknisi HP untuk menguji dan menganalisa status atau kondisi baterai ponsel atau smartphone.
Battery Tester
ae. LCD Tester

Mirip dengan namanya untuk memeriksa apakah layar LCD dari HP rusak atau tidak.

LCD Tester
af. Microscope

Mikroskop dipakai teknisi untuk melihat tampilan dari PCB atau komponen elektronik diperbesar. Alat tersebut mempunyai pilihan zoom yang berbeda. Banyak mikroskop juga dapat dihubungkan ke komputer atau monitor.
Microscope
ag. Test JIG Box

Perangkat ini dipakai untuk mendiagnosis dan menemukan kesalahan atau masalah dalam ponsel. Ini membantu ponsel untuk bekerja dan berfungsi secara normal di luar kasusnya. Alat ini dipakai membantu untuk menguji dan memeriksa tegangan dan titik uji lainnya pada PCB.

Test JIG Box
ah. Wrist Strap

Sama juga fungsinya dengan antistatik, dimana peralatan dipasang di pergelangan tangan dari orang yang memperbaiki ponsel. Peralatan service HP ini membantu untuk melepaskan listrik statis sehingga mencegah PCB atau komponen elektronik dari kerusakan.
Wrist Strap
ai. Antistatic Hand Gloves

Ini juga bisa anda adakan dibengkel jika sudah mapan dan penghasilan yang stabil. Penting untuk memakai sarung tangan tangan ESD-Safe ketika memperbaiki ponsel untuk mencegah PCB dan komponen elektronik dari listrik statis. Namun, jika belum ada dana, alat ini juga tidak perlu diadakan dibengkel.

Antistatic Hand Gloves

Jika sobat berniat harus sukses dengan usaha Service HP, tentu tekad yang bulat dan terjaga sepanjang karir usaha service HP harus ada.

Jangan sampai nantinya ditengah perjalanan, sobat tertarik dengan dunia lain atau bahkan semangat untuk sukses melalui usaha service HP menghilang dan kehilangan arah.

Demikian Peralatan Service HP Untuk Pemula dan Fungsinya. Semoga bisa bermanfaat.

Admin
Admin Buku catatan digital seorang guru yang menuangkan pengetahuan kedalam tulisan. Semoga artikel tulisan saya bermanfaat bagi orang banyak. Mari menulis! Mari Membaca! Bintan News

Post a Comment for "Peralatan Service HP Untuk Pemula dan Fungsinya"