Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Menggunakan Mesin Ketam Kayu, Perawatan dan Komponennya

MESIN KETAM KAYU PORTABLE - Setelah selesai pembelajaran materi tentang mesin ketam portable siswa dapat:

Cara Menggunakan Mesin Ketam Kayu Portable

  1. Memahami mengenahi kesehatan dan keselamatan kerja pada mesin ketam portable sesuai standard operating procedure (SOP).
  2. Memahami pengenalan umum tentang mesin ketam portable dengan benar.
  3. Memahami bagian-bagian mesin ketam portable dengan benar.
  4. Mengoperasikan mesin ketam portable sesuai standard operating procedure (SOP).
  5. Melakukan perawatan mesin ketam portable sesuai standard operating procedure(SOP).

A. Kesehatan dan Keselamatan Kerja Mesin Ketam Portable

Keselamatan kerja adalah upaya agar pekerja (guru, siswa, teknisi) selamat di tempat kerjanya, sehingga terhindar dari kecelakaan, termasuk juga untuk menyelamatkan peralatan, hasil produksi dan orang lain.

Dengan kata lain kesehatan dan keselamatan kerja (K3) adalah usaha melindungi pencegahan kecelakaan baik itu manusia, pekerja dalam hal ini di sekolah siswa dan guru, melindungi peralatan serta bahan dan produknya berupa karya-karya, dari hal-hal yang merugikan.

Kesehatan dan keselamatan kerja dalam menggunakan peralatan mesin ketam kayu portable, mesin ketam kayu tangan (planer) harus mengetahui tentang petunjuk pengopersian alat mesin tesebut yang diberikan berupa intruction manual yang diberikan bersamaan pembelian peralatan tersebut serta harus dipahami dan ditaati oleh pengguna peralatan tersebut agar berguna bagi kesehatan dan keselamatan kerja.

1. Keselamatan Tempat Kerja
  • Selalu menjaga kebersihan bengkel kayu dari limbah kayu bekas serutan serta kayu potongan kecil-kecil yang dapat menggangu pada waktu praktek penggunaan mesin ketam kayu portable.
  • Bengkel kayu yang mempunyai penerangan cukup baik dengan jendela maupun lampu. Tempat kerja yang gelap bisa menyebabkan kecelakaan.
  • Mengoperasikan mesin ketam kayu portable harus jauh dari bahan yang mudah meledak sepert thineer, bahanbahan finishing kayu, spritus, methanol, bensin, oli, wood stain, sanding seller, melamin, penggunaan mesin listrik dapat menimbulkan bunga api yang dapat menimbulkan kebakaran akibat dari uap bahan finishing tersebut.
2. Keamanan Kelistrikan

  • Steker mesin ketam harus cocok dengan stop kontak.
  • Hindari sentuhan tubuh dengan permukaan terbumi atau yang yang dibumikan seperti pipa, radiator, kompor dan kulkas.
  • Jangan membiarkan mesin ketam kehujanan.
  • Jangan sekali-kali menggunakan kabel u n t u k m e m b a w a , m e n a r i k , a t a u mencabut mesin listrik dari stop kontak.
  • Bila menggunakan mesin ketam diluar ruangan gunakan kabel yang sesuia dengan penggunaan diluar ruangan.
  • Jika mengoperasikan mesin ketam dilokasi lembab tidak terhindarkan gunakan pasokan daya yang dilindungi peranti imbasan arus.
3. Keselamatan Diri
  • Pada waktu pengetaman posisi kabel harus selalu diperhatikan dan diawasi karena kalau tidak hati-hati kabel bisa termakan matam ketam kayu.
  • Jangan menggunakan mesin ketam kayu pada waktu minum obat, dalam keadaan tidak enak badan atau sedang sakit.
  • Mengoperasikan mesin ketam kayu tidak dengan senda gurau dengan teman akan mengurangi konsentrasi pada waktu pengoperasian dalam hitungan detik tidak konsentrasi menggunakan mesin ketam kayu akan mengalami cedera.
  • Benda kerja yang akan diketam kayu terhindar dari paku atau benda yang menganggu pengetaman.
  • Menggunakan alat pelindung diri seperti baju praktek sebaiknya lengan pendek, masker, kacamata, helm kerja bisa juga tutup telinga dan memakai sepatu.
  • Tidak menggunakan perhiasan , rambut t i d a k g o n d r o n g p a d a w a k t u mengoperasian mesin ketam kayu.
  • Untuk mengurangi debu di dalam bengkel digunakan mesin penyedot debu ataupun blower.
  • Menggunakan mesin ketam kayu sesuai kebutuhan agar mesin awet dan tahan lama.
  • Menyabut steker pada stop kontak apabila mesin ketam kayu sudah tidak digunakan.
  • Jaga mata ketam kayu selalu tajam periksa secara seksama dan selalu dibersihkan dari bekas serutan.
  • Jangan meninggalkan mesin ketam kayu dalam keadaaan hidup.
  • Simpan pada almari peralatan serta ditata rapi apabila tidak digunakan.
4. Keselamatan Mesin Ketam
  • Tunggu sampai mata mesin ketam berhenti sebelum menyetel mesin.
  • Pegang mesin ketam pada gagang yang terisolasi karena pemotong mungkin bersentuhan dengan kawat tersembunyi.
  • Gunakan klem untuk menjepit benda kerja.
  • Hindarkan mesin dari lap, kabel, tali yang berada disekitarnya.
  • Hindari memotong paku pada benda kerja.
  • Gunakan mata pisau ketam yang tajam.
  • Pastikan baut-baut pada mata ketam terpasang dengan kuat.
  • Pegang kuat mesin ketam dalam pengoperasian.
  • Jauhkan tangan dari benda yang berputar.
  • Dalam menjalankan mesin sampai putaran stabil.
  • Pastikan mata pisau tidak menyentuh benda lain.
  • Jangan menempelkan jari pada saluran pembuang.
  • Jangan tinggalkan mesin dalam keadaan hidup.
  • Gunakan masker untuk melindungi debu untuk melindungi pernafasan.

B. Fungsi Mesin Ketam Kayu Portable

Apakah anda mengetahui tentang mesin untuk meratakan permukaan kayu? Bagaimana cara mengoperasikan mesin tersebut? Mesin ketam portable adalah peralatan berupa mata pisau ketam yang dipasangkan suatu poros yang digerakan oleh motor dan dilindungi dengan body atau rumah ketam yang digunakan untuk meratakan permukaan kayu.

Ada banyak beberapa macam ketam, pada zaman dahulu orang mengetam dengan tenaga manusia saja namun pada saat ini orang mengetam dengan mesin ketam yang digerakkan dengan motor pada saat ini banyak digunakan mengetam kayu pada perusahaan besar dan perusahaan menengah. Dalam Bab ini membahas tentang mesin ketam portable.
Cara Menggunakan Mesin Ketam Kayu, Perawatan dan Komponennya
Gambar 1. 1. Mesin ketam kayu portable
Sumber: Enget dkk ( 2008:122 )

Mesin ketam kayu portable adalah mesin ketam kayu portable yang mudah diangkat atau dipindah-pindahkan. Didalam perdagangan sekarang ini banyak merk, bentuk (model) serta ragam harganya, banyak diperdagangkan pada toko mesin perkakas perkayuan atau toko peralatan teknik akan tetapi mesin ketam kayu portable semua mempunyai kesamaan fungsi.

Yaitu utamanya adalah untuk menghilangkan bekas dari gergaji pada waktu memotong atau menggergaji, menepatkan ukuran yang dikehendaki, meratakan menghaluskan permukaan kayu. Sehingga mempermudah dalam pengamplasan ketika pada pekerjaan finishing, mesin ketam kayu portable juga dapat membuat sponing pada kosen pintu,mengetam miring, mengetam kepala kayu.

Pada saat ini penggunaan mesin ketam kayu portable sudah banyak digunakan pada industri-industri perkayuan menengah bahkan pada industri rumah tangga (home industry) juga sudah banyak yang menggunakan dengan meningkatnya kesejahteraan.

Sehingga peralatan perkakas perkayuan sudah banyak yang memiliki karena dengan mesin ketam kayu ini mempercepat pekerjaan pengetaman serta diperoleh hasil yang rata dan halus menggunakan tenaga sedikit. Akan tetapi harus mempunyai keahlian dalam pengoperasian. Pengoperasian mesin ketam kayu portable untuk membuat produk karya kriya kayu yang diketam kayu supaya rata dan halus seperti pada perabot rumah tangga meja, kursi kayu serta almari ataupun rak buku dan sebagainya.

Disamping memahami fungsi dari ketam kayu portable juga memahami bagian-bagian mesin ketam kayu portable. Selain itu juga harus mengetahui cara kerja mesin ketam kayu portable dan cara merawat mesin ketam kayu portable apabila terjadi kerusakan kecil, serta mampu mengoperasikan mesin sesuai standart operasional prosedur, mesin ketam tangan listrik ini digerakan dengan motor listrik, oleh sebab itu bekerja dengan mesin ketam ini mutlak dibutuhkan arus listrik dengan tegangan 220 Volt.

C. Bagian - Bagian Mesin Ketam portable

Keterangan :
Cara Menggunakan Mesin Ketam Kayu, Perawatan dan Komponennya
Gambar 1.6. Bagian-bagian mesin ketam kayu listrik
Sumber : Cahyo Kuncoro ( 2008:58) 4
  1. Kabel power berfungsi sebagai jalan arus listrik yang menggerakan motor pada mesin ketam kayu portable, kabel ini sudah satu rangkaian dengan mesin sehingga steker mesin ketam kayu harus cocok dengan stop kontak, kalau tidak cocok dapat menimbulkan sengatan listrik.
  2. Pegangan pendorong pada mesin ketam kayu berfungsi sebagai pegangan tangan pada waktu penggunaan mesin ketam kayu untuk mendorong mesin ketam kayu agar pengetaman berjalan dengan sempurna.
  3. Sakelar utama berfungsi menghidupkan mesin ketam kayu untuk menjalankan mesin dengan posisi ketam kayu dipegang bersama menekan tombol mesin sudah mulai hidup dan untuk menhidupkan terus menerus tekan tombol kunci. Untuk mengakhiri tekan tombol utama dan tarik tombol kunci.
  4. Pegangan muka (pengatur tebal tatal/serutan) berfungsi mengatur tebal tipisnya hasil serutan.
  5. Baut penjepit pengantar pararel berfungsi untuk mengunci atau melepas penjepit pengantar paralel.
  6. Lubang batang pengantar pararel berfungsi memasukan batang penjepit penghantar paralel.
  7. Penutup puli motor penggerak berfungsi melindungi puli serta sebagai pengaman dalam penggunaan alat agar tangan atau jari tidak terjepit pada puli mesin ketam kayu.
  8. Pelat dasar ketam kayu depan atau dudukan depan (sepatu bergerak) berfungsi pengaturan pengetaman pengaturan yang baik selisih dari dudukan dinamis dan dudukan statis tidak terlalu jauh agar menghasilkan pengetaman yang rata dan dorongan pengetaman juga ringan berkisar 1 mm.
  9. Pelat dasar belakang dudukan belakang ( sepatu stasioner) sebagai panduan kehalusan pengetaman dan posisi tetap yang tidak dapat diubah - ubah kedudukannya.
  10. Poros pisau berfungsi untuk memasang pisau mata ketam kayu serta poros ini yang diputar oleh motor yang dihubungkan dengan puli karet belt.
Gambar 1.7. Carbon Brush
Sumber: Budi Martono ( 2008: 131)
Carbon Brush bagian mesin ketam sebagai penyalur arus, kontrol Carbon Brush jangan sampai kehabisan karena kalau tebal kurang dari 3 mm maka mesin tidak bisa hidup, oleh karena itu sebelum mulai bekerja periksa dulu carbon brushnya. Perlengkapan mesin ketam kayu portable adalah penghantar untuk meratakan sisi tebal, kantong serbuk berfungsi menampung serutan atau serbuk limbah dari serutan, sisa ketam kayuan supaya tidak berserakan.

Perlengkapan mesin ketam kayu portable sebagai berikut:
Gambar 1.8. Perlengkapan mesin ketam portable.
Sumber: Muhammad Fatori ( 2013:118)

Keterangan:
1. Kuda-kuda atau gawang yang berfungsi untuk mengoperasian ketam kayu tangan portable dengan kedudukan permanen.

2. Pengantar paralel untuk membuat sponing atau sebagai penyiku yang dipasangkan pada mesin ketam kayu portable bagian dudukan bergerak.

3. Pelat penyudut berfungsi untuk pengetaman miring bersudut di tambahkan pada penghantar paralel.

4. Kunci pas untuk membuka atau mengencangkan mata ketam kayu mesin portable
Gambar 1.9. Pengaman penutup poros dan Pengaman blok poros yang dipasang pada penghantar paralel.
Sumber: Muhammad Fathori ( 2013:118)
5. Pengaman penutup poros berfungsi untuk melindungi tangan atau jari agar tidak terkena kecelakaan pada waktu pengetaman.

6. Pengaman blok poros yang dipasang pada penghantar paralel.
Gambar 1.10. Alat bantu pada mesin ketam portable
Sumber: Budi Martono ( 2008:130 )
Keterangan:
  1. Kunci L Untuk membuka dan memasang pisau.
  2. Pengantar Untuk mengetam sponing.
  3. Blok Penjepit Untuk menjepit pisau pada saat pengasahan.
  4. Blok penyetel pisau. 
Meratakan lis sisi tebal perataan lis sisi tebal bekerja pada sisi benda kerja sebagai alat tambahan diperlukan pemberat dan pengantar untuk keseimbangan mesin agar tidak tergelincir jatuh. Data-data teknik mesin ketam kayu tangan yang sering dicantumkan pada buku manual maupun lembaran prospektus adalah:
  • Tipe mesin : t i p e m e s i n d a r i p a b r i k pembuatannya.
  • Tipe motor, tegangan dan daya mesin: : menyatakan jenis motor untuk arus searah atau bolak balik (AC) teganagan yang dipakai berikut keterangan phasenya.
  • Poros pisau :diameter poros kecepatan putar per menit (rpm) dan p a n j a n g p o r o s u n t u k m e n e n t u k a n k e b u t u h a n panjang pisau.
  • Kapasitas pengetaman :lebar daya ketam kayu m a k s i m u m , k e d a l a m a n maksimum sponing yang dapat dibuat dan ketebalan sert maksimum.
  • Keamanan :pengaruh pada gelombang radio dan TV perlindungan dari kebocoran arus listrik dan berat mesin sendiri.
  • Paling penting diperhatikan adalah data kapasitas kerja mesin, pemakaian kerja melampui kemampuan mesin akan merusak motor mesin karena kelebihan beban (over loaded). Faktor keamanan perlu diperhatikan karena menyangkut keselamatan pekerja sendiri.
Gambar 1.11. Bagian-bagian mesin ketam kayu perata sisi tebal
Bagian-bagian mesin ketam kayu perata sisi tebal:
  • A. Kabel berfungsi mengaliri listrik dari sumber listrik ke mesin ketam kayu.
  • B. Sakelar utama berfungsi menghidupkan dan mematikan mesin ketam kayu.
  • C. Pegangan mesin berfungsi memegang mesin pada waktu mengoperasian mesin dan untuk mendorong mesin ketam kayu.
  • D. Rumah motor berfungsi melindungi motor mesin ketam kayu
  • E. Tempat lamel arang (sikat karbon) berfungsi menghantar listrk.
  • F. Pegangan samping berfungsi pegangan mesin ketam kayu serta membantu mendorong pengoperasian mesin.
  • G. Poros mata ketam kayu dengan penutup pelat berfungsi tempat pemasangan mata ketam kayu pada mesin ketam kayu.
  • H. Roda pengatur ketebalan pengetaman berfungsi mengatur tebal tipisnya
P e n g e t a m a n p a d a k a y u s i s t e m pemasangan pisau serupa dengan mesin ketam kayu biasa, perataan pisau ketam kayu dilakukan dengan kumparan pelurus yang ditempelkan pada pelat d a s a r m e s i n s e b a g a i p e d o m a n . Mengetam pelapis sisi tebal antara perekatan sisi dan perataan bidang dengan ketam kayu , harus sudah kering dalam pengeringan.

Penyerapan air yang terdapat pada lem menyebabkan kayu masif dan sisi papan lembaran mulai memuai. Apabila pengerjaan sambungan yang memuai dilaksanakan terlalu awal maka setelah pengeringanyang terjadi kemudian akan terlihat cekungan air.
Gambar 1.12. Pengaruh arah serat pada pengetaman.
Sumber: http://teknikmesin.org/jenis-jenis-pekerjaan-denganmesin-ketam kayu-tangan/di unduh tanggal 18/10/2018

1. Cara Pengoperasian Mesin Ketam Portable

1. Cara bekerja menggunakan mesin ketam kayu portable:

  • Harus diperhatikan mengenahi arah serat kayu yang akan diketam kayu pengetaman yang baik adalah searah serat kayu.
  • Kayu yang mempunyai serat miring p a d a p e n g e t a m a n s e h a r u s n y a memotong serat.
  • Perhatikan lebar dan tebal papan. Pada b e n d a y a n g t e b a l s e b a i k n y a mempertebal ketaman agar pisau dan kerja motor tidak bertambah berat. Mengetam lurus dengan mesin ketam kayu portable.
Gambar 1.13. Mengetam lurus dengan mesin ketam kayu portable
Sumber: Budi Martono (2008:131)
2. Mengetam balok atau papan kayu dengan mesin ketam kayu portable.
  • Supaya kedudukan benda kerja yang diketam kayu stabil maka pada meja kerja dipasang penahan agar benda kerja tidak bergeser. Jepit benda kerja pada meja kerja dengan klam.
  • Selanjutnya perhatikan arah serat pada kayu yang hendak diketam kayu menggunakan mesin ketam kayu portable.
  • Pada kayu berserat miring harus selalu mengambil arah memotong serat supaya menghasilkan ketam kayuan yang rata.
  • Perhatikan lebar dan tebal papan pada benda yang tebal sebaiknya tidak mempertebal serutan agar pisau mata ketam kayu dan kerja motor tidak bertambah berat.
  • Pada benda kerja yang lebar sebaiknya dalam mengatur jarak dudukan stationer dan dudukan gerak jaraknya 1 mm, agar pisau dan kerja motor tidak bertambah bebannya. Hidupkan mesin dan mulai mengetam. Pegang tombol pegangan depan sebagai kemudi dengan tangan kiri dan pegangan belakang sebagai pegangan utama pendorong dengan tangan kanan.
  • Menghidupkan mesin ketam kayu dan ditunggu sampai pisau mata ketam kayu mempunyai kecepatan penuh.
Kemudian gerakan mesin arah maju dengan hati-hati pada kecepatan seragam. Beri tekanan pada bagian depan mesin pada awal pengetaman. Serta di bagian bagian belakang pada saat akhir pengetaman. Kecepatan dan k e d a l a m a n p e m o t o n g a n a k a n menentukan hasil akhirnya.
Gambar 1.14. Pengetaman benda kerja akan berakhir
Sumber: Budi Martono (2008:131)
Pada akhir pengetaman kayu untuk mendapatkan hasil akhir permukaan yang baik ketam kayu sesuai yang diharapkan akan tetapi pada ujung akhir pengetaman diketam kayu dengantipis dan perlahan untuk pengakhiran pengetaman.

3. Mengetam Sponing
Gambar 1.15. Lebar dan dalam dalam pengetaman sponing
Sumber: Enget dkk
Gambar 1.16. Pengetaman sponing pada balok kayu.
Sumber: Budi Martono (2008:132)
Pengantar pararel disematkan pada lubang muka mesin dan dijepit dengan baut penjepit. Lebar sponing maksimal adalah lebar poros mesin dan kedalaman sponing yang dibuat sesuai ukuran bebas sisi samping. Atur kedudukan pisau dan ketebalan tatal. Lebar sponing diatur dengan menggunakan pengantar pararel. Nyalakan mesin dan jalankan di atas benda kerja dengan pengantar pararel selalu bergeser pada sisi samping benda kerja.

Mengatur pengantar paralel untuk lebar sponing yang akan dibuat maksimal tidak melebihi lebar permukaan dudukan bergerak maupun lebar dudukan stasioner atau sama lebar mata ketam kayu. Pada mesin ketam kayu tangan lebar mata ketam kayu 82 mm. Pada pembuatan sponing kosen pintu rata-rata lebar 30 mm. Kedalaman penyerutan mesin ketam kayu portable 9 mm, sehingga untuk membuat sponing pada kosen pintu bisa menggunakan mesin ketam kayu portable.
  • a) Pengantar paralel dimasukan pada lubang muka mesin ketam kayu portable dan di jepit dengan baut penjepit.
  • b) Lebar sponing maksimal sama dengan lebar poros mesin.
  • c) Kedalaman sponing yang dibuat sesuai dengan ukuran sisi samping tebal dudukan stationer atau dudukan bergerak.
  • d) Mengatur kedudukan pisau dan ketebalan serutan seperti pengetaman biasa.
  • e) Mengatur lebar sponing dengan pengantar paralel.
  • f) Hidupkan peralatan dan jalankan di atas benda kerja dengan pengantar paralel selalu bergeser pada sisi samping benda kerja.
Gambar 1.17. Pengetaman miring pada balok kayu
Sumber: Budi Martono (2008:131)
Cara mengetam miring dalam menggunakan mesin ketam kayu tidak jauh berbeda dengan mengetam sponing hanya saja komponen tambahan yang dipasang disesuaikan, yaitu pengantar paralel dipasang, benda kerja pada waktu pengetaman harus di tanggem atau dijepit dengan kuat untuk melindung agar benda kerja tidak jatuk ketika pengetaman berlangsung.
Gambar 1.19. Mengetam dengan stationer
Sumber: Budi Martono (2008:132)
Mengetam dengan stationer mesin ketam kayu portable ini bisa dibuat menjadi stationer atau istilahnya mesin tetap jadi yang bergerak benda kerjanya bukan peralatannya dengan alat bantu yang dibentuk sesuai dengan bentuk mesin ketam kayu dan diletakkan terbalik.

Diklem terhadap bangku kerja agar kedudukan kuat. Cara mengetam dengan dua buah tangan dan didorong secara merata. Keselamatan dan Kesehatan Kerja perlu diperhatikan karena mesin ketam kayu ini oleh pabrik memang dirancang diangkat dengan tangan sehingga apabila dibuat mesin stationer benda kerjanya tidak boleh besar mesin ketam kayunya tidak kuat menyangga berbeda kalau mesinnya diangkat bisa mengetam kayu yang lebih besar karena mesin tidak menyangga beban. Dibuat mesin stationer merupakan ide dari tukang (pengrajin) kayu agar tidak mengangkat mesin ketam kayu tetapi kayu yang diketam kayu ukuran kecil atau sedang.

2. Cara Merawat Mesin Ketam Portable

a. Kerusakan pada mesin ketam portable.
  • Mesin ketam kayu portable tiba – tiba tidak dapat dihidupkan sehingga poros pisau ketam kayu mesin portable tidak dapat beputar.
  • Sakelar pada mesin ketam portable mengalami gangguan atau sulit dihidupkan.
  • Mesin tidak dapat berputar karena putus pada karet V beltnya.
  • Mesin ketam kehilangan tenaga pada putaran mata ketam lambat.
  • Pisau mata ketam tidak tajam lagi sehingga hasilnya tidak menghasilkanketaman yang rata.
  • Mesin ketam tidak dapat berputar karena habisnya karbon brush atau lamel arang.
b. Memperbaiki kerusakan pada mesin ketam portable

1) Mesin ketam kayu portable tiba-tiba tidak dapat dihidupkan sehingga poros pisau ketam kayu mesin portable tidak dapat beputar. Maka yang dilakukan adalah dengan menggecek kabel penghubung  mungkin ada yang lepas atau putus. Kalau tidak ada yang terlepas perlu dicek kemungkinan putus, cara p e n g e c e k a n n y a b i s a d e n g a n Testpen, caranya:
  1. buka casing mesin ketam kayu dengan obeng positif (+) hubungkan kabel ke stopkontak kemudian tempelkan testpen ke ujung kabel di bagian saklar, cek kedua kabel secara bergantian kalau salah satunya ada yang menyala berarti kabel tidak putus dan arus listrik masih masuk ke mesin ketam kayu. Kalau keduanya mati berarti kabel ada yang putus dan perlu diganti. Pengecekan juga bisa dengan multitester, caranya buka casing mesin ketam kayu dengan obeng positif (+) kemudian ujung jarum merah multitester (atur posisi x 1 ohm) ditempelkan ke kabel colokan dan ujung jarum hitam tempelkan pada ujung kabel di mesin, kalau jarum penunjuk multitester bergerak berarti kabel baik, cek kedua kabel secara bergantian.
  2. Sakelar pada mesin ketam portable mengalami gangguan atau sulit dihidupan caranya mengecek saklar bila tidak berfungsi segera diganti dengan yang baru.
2) Mesin tidak dapat berputar karena putus pada karet V beltnya caranya mengecek kondisi V beltnya kemungkinan putus dan diganti dengan yang baru.

3) Mesin ketam kehilangan tenaga pada putaran mata ketam lambat mesin kehilangan tenaga lemah caranya:

mengecek kondisi beltnya, kalau  kondisinya sudah kendor bisa mengakibatkan putaran mesin lemah sehingga tenaga mesin berkurang. Sebaiknya segera ganti dengan yang baru sehingga putaran mesin akan n o r m a l k e m b a l i .

M e n g e c e k kumparan atau lilitan kabelnya dengan multitester, kalau ada salah s a t u l i l i t a n y a n g p u t u s mengakibatkan tenaga berkurang atau mati. Mengecek lager pada as armature bila sudah aus atau goblak segera ganti karena kondisi lager yang goblak mengakibatkan putaran tidak stabil dan mengakibatkan t e n a g a b e r k u r a n g .

M e n g e c e k kondensatornya dengan multitester, tempelkan ujung merah ke kaki positif dan hitam ke negative, bila jarum penunjung bergerak kemudian turun berarti kondensator dalam keadaan baik tapi kalau tidak bergerak atau bergerak naik tapi tidak turun lagi berarti rusak dan perlu diganti.

Mesin bersuara tidak normal atau berisik. Mengecek lagernya bila aus dan goblak segera ganti. Lager yang aus atau goblak mengakibatkan gesekan yang menimbulkan bunyi tidak normal.
Gambar 1.21. Pembukaan pisau mata ketam padaporos pisau mesin ketam.
Sumber: http://www.teknik mesin.org/wp.contend/upload/2005 /01/screenshot.66.jpg
Keterangan gambar:
  1. Dengan alur pengaman.
  2. Dengan lubang baut penjepit.
  3. Dengan alur pengaman pada konstruksi pisau balik.
Gambar 1.22. Menyetel pisau mata mesin ketam kayu
Sumber: http://kusenmahoni.blogspot.com/2014/09/tipsperawatan-mesin-ketam kayu-listrik.html

4) Pisau mata ketam tidak tajam lagi s e h i n g g a h a s i l n y a t i d a k menghasilkan ketaman yang rata caranya pelepasan dan pemasangan pisau mata ketam kayu pada poros mesin ketam kayu portable. Untuk melepas atau membuka mata ketam kayu portable mesin ketam kayu portable dibalik terlebih dahulu putuskan hubungan dengan sumber arus listrik. Membalikan mesin ketam kayu pada meja kerja kemudian lepaslah baut-baut penjepit pisau mata ketam kayu dengan kunci pembuka sudah disertakan pada waktu pembelian m e s i n k e t a m k a y u p o r t a b l e.

Mengambil dan mengeluarkan bautbaut penjepit pisau mata ketam kayu mesin portable dari poros mesin ketam kayu portable dengan hatihati dan bersihkan mata ketam kayu mesin dari sisa-sisa serutan apabila k e t a m k a y u t e r s e b u t t e l a h digunakan. Ganti apabila pisau mata ketam kayu sudah tidak tajam (majal) dengan yang tajam. Gunakan kumparan pelurus sebagai pedoman.

Letakkan kumparan merata pada pelat dasar belakang. Putarlah poros pisau dan tekanlah kemunculan pisau. Kencangkan penjepitnya. Kemunculan pisau maksimum 1 mm. ketebalan serutan tatal dapat diatur mulai dari 0 (nol) atau tidak menyerut sampai maksimum 1 mm dengan tombol pegangan depan.

B a u t - b a u t p e n j e p i t h a r u s dikencangkan sebelum mesin dihidupkan karena baut sekrupnya masih kendor kemudian digunakan maka baut akan terlempar dan s a n g a t m e m b a h a y a k a n b a g i pengguna. Konstruksi pisau mata ketam kayu yang baik selalu mempunyai pen penahan pisau sebagai pengaman, apabila terlepas pisau tidak terlontar keluar.

Sebab- sebab kerusakan yang sering terjadi pada mesin ketam kayu portable pada umumnya adalah :
Gambar 1.24. Menyetel dalamnya permukaan.
Sumber: Muhammad Fathori ( 2013:120)
C a r a m e n y e t e l d a l a m n y a permakanan dalam pengetaman, dudukan bergerak atau alas depan dengan cara memutar pegangan depan. Dalamnya permukaan ditentukan jarak antara tinggi pisau mata dengan alas depan.
Gambar 1.25. Mengganti pisau mata mesin ketam kayu.
Sumber: Budi Martono (2008:132)
Mengganti Pisau mesin ketam kayu bukalah terlebih dahulu ketiga sekrup dengan kunci Ellen (L) atau kunci pas karena tipe mesin ketam kayu berbagai merk berbeda baut sekrupnya akan tetapi sama fungsinya baut tersebut agar kedudukan mata ketam kayu kuat.

Piringan klem bersama-sama keluar dengan blok pisau. Bukalan baut blok p i s a u d e n g a n h a t i - h a t i u n t u k mengeluarkan pisau atau menyetel pisau dari blok. Untuk menentukan tingggi pisau sama dengan plat belakang dapat distel dengan obeng dan kayu yang lurus. Periksalah selalu apakah baut-bautnya sudah kokoh atau belum, jangan sampai mesin dihidupkan bautnya kendur bisa menyebabkan kecelakaan baut bisa terlempar keluar.
Gambar 1.26. Penyetelan pisau mata mesin ketam kayu
Sumber: Budi Martono (2008:133)
Penyetelan Pisau mata mesin ketam kayu setelah dipasang dan dikunci pada b l o k p i s a u m a k a p e r l u d i k o n t r o l ketinggiannya dengan cara seperti gambar di samping. Supaya kita tahu sama atau tidak tinggi pisau guna untuk mendapatkan hasil pengetaman yang lurus dan rata.
Gambar 1.27. Penajaman pisau mata mesin ketam 
Sumber: Budi Martono (2008:133)
Penajaman pisau bisa kita lakukan secara manual dengan mengunakan blok yang ada pada mesin ketam kayu dengan menggunakan batu asah cara basah supaya hasil penjaman bisa tahan lama. Celup batu asahan pada air selama 2 sampai 3 menit sebelum mengasah. Pegang pemegang mata pisau sehingga mata pisau mengenahi batu asahan untuk pengasahan merata dengan sudut yang sama.

Mesin ketam tidak dapat berputar karena habisnya karbon brush atau lamel arang. Carbon brush atau arang lamel selalu diperiksa apabila panjangnya 3mm , carbon brush harus diganti yang baru, jaga carbon brush tetap bersih dan tidak bergeser pada tempatnya .

Kedua carbon brush harus diganti pada waktu yang sama dan ganti dengan carbon brush yang sama ukurannya, gunakan obeng untuk melepas tutup carbon brush, tarik carbon brus yang aus dan ganti dengan memasukan carbon brush yang baru dan tutup kembali dengan tutupnya dan dikencangkan kembali dengan obeng.
Gambar 1.29. Mesin ketam portable
Sumber: Foto dokumen pribadi
Mesin ketam portable juga banyak digunakan untuk pekerjaan industri rumah tangga dan para pekerja perkayuan di proyek-proyek bangunan perkayuan karena mesin ketam portable mudah dibawa dan dapat melakukan pengetaman dengan cepat dan menghasilkan hasil yang rata. Menggunakan mesin ketam untuk meratakan permukaan kayu m e m e r l u k a n p e m a h a m a n d a n keterampilan dalam pengoperasian.
Gambar 1.30. Ketam manual dari kayu
Sumber: Enget, dkk (2008:94)
Ketam manual kayu adalah sebuah alat perkakas perkayun yang digunakan untuk menghaluskan, meratakan dan meneptkan ukuran kayu. Ditinjau dari bahan badan ketam, dibedakan menjadi dua, yaitu: ketam badan kayu dan ketam badan logam. Ketam badan kayu adalah ketam tradisional yang sudah sejak dahulu dipakai oleh tukang kayu di pedesaan. Badan ketam berbentuk segiempat dan terbuat dari kayu keras seperti kayu Sawo.

Alas ketam dibuat rata dan halus karena berfungsi sebagai penuntun mata ketam agar penyayatan merata dan konstan. Di tengah badan kayu dibuat berlubang segiempat untuk menempatkan mata ketam. Ukuran tidak terstandar secara pasti namun antara 10 s.d. 50 cm. Dalam jangka waktu tertentu badan ketam harus diganti karena mengalami keausan. Ketam ini terdiri dari mata ketam, lidah ketam, baji pegangan dan rumah ketam untuk memasang atau melepas mata ketam dengan peralatan bantu obeng dan palu besi.
Gambar 1.31. Ketam manual dari logam
Sumber: Enget, dkk (2008:99)
Ketam logam ini dinamakan "jack plane" karena digunakan untuk berbagai jenis p e k e r j a a n . K e t a m d i g u n a k a n u n t u k menghilangkan goresan-goresan yang ditinggalkan pada permukaan kayu, untuk meratakan permukaan kayu dan segala macam pengerutan. Panjang rumah ketam sekitar 400 mm dan lebar ketam adalah 50 mm atau lebih. Ketam ini terdiri dari mata ketam, baji pegangan dan rumah ketam untuk memasang atau melepas mata ketam dengan peralatan bantu obeng.
Gambar 1.32. Ketam Perata
Sumber: Enget, dkk (2008:184)
Mesin ketam perata atau mesin ketam Jointer termasuk mesin ketam statisioner berfungsi membuat benda kerja rata dan lurus digunakan mengetam balok-balok kayu.
Gambar 1.33. Ketam Penebal ( Thicknesser)
Sumber: Enget, dkk (2008:188

Demikian pembahasan Cara menggunakan mesin ketam kayu portable, Cara perawatan mesin ketam kayu portabel, serta bagian-bagian atau komponen mesin ketam portable yang bisa kami uraikan. Semoga bermanfaat.
Bintan News
Bintan News Buku catatan digital seorang guru yang menuangkan pengetahuan kedalam tulisan. Semoga artikel tulisan saya bermanfaat bagi orang banyak. Mari menulis! Mari Membaca! Bintan News
close