-->

Komstir Vario 125 Bermasalah: Tanda dan Cara Mengecek

Komstir Vario 125 - Apakah anda pernah merasakan tiba tiba stang Honda Vario 125 kamu mendadak kaku dan sangat terasa goyang saat berkendara? Malahan kalau digerakkan, setangnya cenderung lurus dan berat sebelah ketika dibelokkan? Kejadian ini adalah tanda komstir vario 125 bermasalah.

Apabila anda pernah merasakannya, tidak perlu anda cemas. Timbulnya gejala tersebut bisa saja satu diantaranya disebabkan oleh komstir yang bermasalah. Terdapat masalah pada komponen itu karena biasanya menabrak lubang atau melanggar gundukan tinggi seperti polisi tidur dengan kecepatan tinggi.

Adapun Komstir yang bermasalah dapat membuat handling sepeda motor terusik. Sangat disayangkan, beberapa orang yang tidak mengetahui apa gejala komstir rusak, hingga pengujian cuma konsentrasi pada sekitar roda. Untuk lebih jelasnya terkait komstir vario 125 bermasalah baik tanda dan cara mengeceknya akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.
Komstir Vario 125 Bermasalah : 6 Tanda Dan Cara Mengecek
Komstir berkarat membuat stang berat

Komstir Vario 125 Bermasalah

Sesungguhnya kalau diamati komstir vario 125 yang rusak memiliki gejala atau tanda yang hampir sama dengan jenis motor lainnya. Dibawah ini tanda komstir vario 125 bermasalah yakni:

1. Stang Tidak diam

Tanda pertama komstir vario 125 bermasalah yang pertama yaitu stang atau kemudi tidak stabil. Stang yang kurang konstan umumnya jadi tanda awal ada kerusakan di bagian komstir. Secara umum ketika dibawa membelok stang sedikit akan mendorong balik, artinya sulit untuk dikontrol.

2. Stang sangat Berat

Dalam keadaan tertentu kerusakan komstir dapat saja membuat manuver dari stang jadi berat saat dibawa berkendara. Setang atau handling motor sangat terasa kaku hingga pengendara kesusahan di saat akan membelok.

3. Muncul Suara Di bagian Stang

Tidak hanya berat dan kaku, efek yang lain umum terjadi saat komstir vario 125 rusak yakni munculnya suara pada kemudi khususnya saat sedang melalui jalan bergelombang atau melakukan pengereman tiba-tiba.

4. Stang Oblak atau Goyang

Rusaknya komstir membuat keausan pada gotri atau pelor bearing. Sesudah lama didiamkan akan muncul gejala kendur khususnya saat pelor itu mulai terlepas. Ini membuat komstir tak lagi konstan hingga dudukan stang akan berasa oblak dari as sisi tengahnya.

5. Getaran Tidak normal Pada Stang

Lazimnya getaran akan sangat terasa ketika berkendara pada kecepatan tinggi. Getaran pada stang akan berasa sampai ke semua bagian. Kejadian ini lain dengan getaran yang dibuat karena pelek.

6. Rem kadang Blong

Bagian komstir vario 125 yang rusak bisa membuat ada jarak saat akan memakai rem depan. Oleh sebab itu dapat menimbulkan jarak pengereman akan jadi berbeda, serta berasa seperti rem yang blong karena tidak pakem ketika akan dipakai.

Kalau sudah menemukan gejala tersebut, saya rasa itu sudah sangat meyakinkan agar langsung mengecek keadaan komstir motor kalian itu.

Cara Mengecek Komstir Vario Bermasalah

Selepas anda memahami berbagai tanda saat komstir vario 125 rusak, karenanya perlu diketahui pula cara mengeceknya. Dibawah ini merupakan cara mengecek komstir vario bermasalah yakni:

  1. Kondisi mesin mati, motor diposisikan pada standar tengah. Kemudian naiki motor sampai roda depan dapat terangkat atau bebas. Coba anda mengerakkan stang ke arah kiri dan kanan untuk ketahui keadaan komstir. Jika setang gampang digerakkan karena itu komstir tidak bermasalah. Kebalikannya apabila setang sulit digerakkan ke kiri dan kanan karena itu komstir seret dan bermasalah.
  2. Pengecekan selanjutnya dapat dengan lakukan pengereman depan. Bila tidak tampil bunyi mengusik maknanya komstir baik. Namun kalau timbul ada suara, artinya komstir aus atau bermasalah dan perlu dilakukan tindakan dengan diperiksa selanjutnya untuk memberikan keyakinan sumber permasalahannya
  3. Ketika anda gunakan jalan, setang sulit dikontrol. Biasanya saat stang dibelokkan seperti menendang balik. Malahan stang goyang sampai berasa ke tangan.
  4. Ikuti cara mengecek komstir vario bermasalah terakhir ini yaitu menemukan suara dari sekitar kemudi. Terdapat suara menggangu muncul di sekitar komstir. Terlebih-lebih ketika melalui jalan tidak mulus atau bergelombang. Perlu diwaspadai komstir bermasalah telah terjadi.

Demikian kami buat ulasan terkait komstir vario 125 bermasalah baik tanda dan cara mengeceknya. Kami harap ini dapat menambah wawasan pengetahuan pembaca.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel