Menerapkan cara pengangkatan benda kerja

Menerapkan cara pengangkatan benda kerja - Dalam dunia otomotif pekerjaan tidak hanya tentang memperbaiki dan merawat kendaraan. Dalam proses perbaikan ada namanya proses jacking atau pengangkatan benda kerja. Dalam pengangkatan benda kerja ada dua jenis dalam otomotif yaitu dengan dongkrak atau proses mendongkrak dan proses pengangkatan dengan car lift. Setiap pengangkatan benda kerja terdapat berbagai prosedur yang harus dilakukan.
Dalam pekerjaan dalam bidang otomotif, pengangkatan benda kerja merupakan salah satu pekerjaan yang sering dilakukan. Dalam berbagai proses perbaikan atau perawatan tidak lepas dari istilah pengangkatan benda kerja. Kegiatan tersebut berguna untuk membantu proses perawatan atau perbaikan agar seorang mekanik dapat leluasa bekerja dibawah kendaraan.

Dalam proses pengangkatan benda kerja terdapat beberapa macam yaitu pengangkatan benda kerja dengan dongkrak, pengangkatan benda kerja dengan carlift, dan pengangkatan benda kerja secara manual. Ketiga proses pengangkatan benda kerja tersebut sering dilakukan pada bidang otomotif.

Setiap proses pengangkatan benda kerja memiliki prosedur. Berbagai prosedur ini dilakukan untuk menjaga keselamatan dan kesehatan kerja. Baik keselamatan terhadap benda, teknisi, maupun peralatan yang digunakan. Mengingat begitu seringnya proses pengangkatan benda kerja dilakukan pada bidang otomotif, maka perlu dipelajari berbagai hal mengenai pengangkatan benda kerja. Untuk lebih jelasnya berikut merupakan prosedur pengangkatan benda kerja.

Prosedur Pengangkatan Benda Kerja

Setiap proses pengangkatan benda kerja memiliki prosedur yang harus dilakukan baik dengan dongkrak, carlift, maupun secara manual. Untuk lebih jelasnya berikut merupakan pembahasan mengenai prosedur pengangkatan benda kerja.

Prosedur Pengangkatan Benda Kerja

Mengangkat Kendaraan Dengan Dongkrak

Pada dasarnya walaupun terdapat berbagai jenis dongkrak namun dalam prosedur pengangkatan atau mendongka tetap sama. Dalam mendongkrak harus sesuai prosedur jangan asal untuk menjaga keamanan dan keselamatan kerja. Carilah titik tumpu yang kuat dan mampu menahan kendaraan. Hal ini agar tidak terjadi kerusakan pada kendaraan. Secara umum titik tumpu kendaraa sebagai berikut.

Selain harus memperhatikan titik tumpu kendaraan, juga harus menempatkan posisi bagian angkat dongkrak dengan bagian yang akan di dongkrak. Karena posisi yang tidak pas dapat menyebabkan kecelakaan kerja.
Tempat kerja juga harus diperhatikan bahwa rata dan padat sehingga dongkrak tidak akan amblas karena tertekan beban kendaraan. Selain tempat juga pastikan dongkrak dalam keadaan baik tidak ada kebocoran. Hal-hal kecil ini harus diperhatikan supaya tidak terjadi berbagai hal yang tidak diinginkan.

Berikut prosedur mendongkrak yang baik:
  1. Meletakkan kendaraan pada posisi yang rata dan memiliki permukaan yang padat atau keras.
  2. Meletakkan ganjal atau blocking di roda-roda belakang apabila yang didongkrak bagian depan dan sebaliknya.
  3. Memilih dongkrak dengan kapasitas sesuai dengan beban kendaraan. Selain itu pastikan dongkrak dalam kondisi dengan baik tidak ada kebocoran.
  4. Meletakkan dongkrak pada titik tumpu kendaraan.
  5. Memposisikan dongkrak pada bagian tengah dan pastikan titik angkat dongkrak berada pada posisi tengah titik tumpu kendaraan.
  6. Sebelum dilakukan proses pengangkatan pastikan tidak ada apapun dibawah kendaraan.
  7. Melakukan proses pengangkatan dengan dongkrak, dan pasang jackstand atau blocking ke titik titik pada kendaraan untuk mencegah terjadi sesuatu.
  8. Sebelum menurunkan kendaraan, pastikan tidak ada sesuatu hal di bawah kendaraan yang dapat membahayakan kendaraan atau membahayakan sesuatu hal tersebut.
  9. Menaikkan dongkrak sedikit kemudian ambil jackstand. Setelah itu baru dongkrak diturunkan.

Mengangkat Kendaraan Dengan Car Lift

Pada umumnya mengangkat kendaraan dengan dongkrak maupun car lift memiliki prosedur kerja yang sama. Perhatikan posisi kendaraan, posisi kendaraan harus berada pada tengah-tengah car lift. Hal ini bertujuan agar kendaraan seimbang ketika diangkat. Menggunakan carlift sesuai dengan beban kapasitasnya, jangan sampai mengangkat benda kerja diluar kapasitas dari carlift. Memastikan rem parkir digunakan ketika kendaraan diangkat. Memposisikan lengan car lift di titik tumpu kendaraan.

Mengangkat Benda Kerja Manual

Dalam mengangkat benda kerja secara manual atau menggunakan tenaga otot manusia perlu memperhatikan beberapa hal agar tidak terjadi cedera. Posisikan punggung lurus untuk mencegah cedera pada tulang belakang. Selain itu pastikan beban yang diangkat tidak lebih dari berat tubuh manusia.

Beberapa bahasan diatas merupakan prosedur pengangkatan benda kerja dalam bidang otomotif. Keamanan dan keselamatan kerja merupakan yang utama dari pekerjaan ini.